Razia PETI di Kapuas Hulu, TNI Tak Dilibatkan

pena iklan

Alat berat yang diamankan polisi di lokasi PETI di Desa Beringin Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf. Jemi Oktis Oil menyampaikan jika razia PETI yang dilakukan oleh polisi di Desa Beringin Kecamatan Bunut Hulu, Selasa 13 Juli 2021 tidak melibatkan TNI.

"Sementara kita tidak ada yang dilibatkan dan tidak ada Info rencana kegiatan tersebut," katanya saat dihubungi wartawan, Rabu 14 Juli 2021.

Dandim menyampaikan, terkait penertiban PETI yang dilakukan di Desa Beringin Jaya tersebut, dari pihak kepolisian sejauh ini belum memberikan informasi atau mengajak pihaknya untuk secara bersama sama turun kelapangan melakukan penindakkan.

" Jika kita melihat di Sambas dan Singkawang TNI disana dilibatkan untuk melakukan penindakkan terkait aktifitas pertambangan ilegal tersebut," ujarnya. 

Lanjut Dandim, padahal pihaknya 
juga siap untuk memback up kepolisian dalam menertibkan aktifitas PETI di Desa Beringin Jaya Kecamatan Bunut Hulu.

"Selama ini masyarakat yang melakukan aktifitas pertambangan emas diwilayah tersebut belum ada yang mengantongi ijin," ucapnya. 

Dandim mengatakan, selama ijinnya belum ada Polisi bisa melakukan penegakkan aturan/ penindakkan, posisi TNI jika diminta bantuan tentunya siap untuk memback up kepolisian dalam melakukan penertiban. 

Dandim mengungkapkan, Dalam penertiban PETI akan menimbulkan dampak sosial kepada masyarakat, mengingat selama ini sebagian masyarakat disana menggantungkan hidup dari Peti untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Mereka sudah terbiasa mendapatkan uang dengan cara yang mudah dari menambang emas,"tuturnya. 

Untuk itu, sebelum dilakukan penindakkan hendaknya Pemda memberikan solusi yakni dengan menyediakan lapangan usaha bagi masyarakat seperti mengarahkan mereka untuk bertani dan berkebun.

"Biasanya yang bekerja di Peti itu juga kebanyakan anak anak dibawah umur, kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan generasi muda kita kedepan," tutupnya. **
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 6914332238744212685

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item