Pemkab Kapuas Hulu Genjot Pembebasan Lahan untuk Flyover

pena iklan

Adji Winursito Kabag Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu/Taufiq 

Penakapuas.com - Pemda Kapuas Hulu melalui bagian pertanahan terus menggenjot pembebasan lahan untuk pembangunan flyover di Kecamatan Kalis. 

"Saat ini kita masih dalam tahap proses peta bidang. Dari inventarisasi sementara, kurang lebih ada 15 bidang. Tapi untuk pastinya BPN akan koordinasi ke kita," kata Adji Winursito Kabag Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis 15 Juli 2021. 

Adji mengatakan, setelah proses peta bidang ini selesai, barulah masuk dalam apraisal untuk penaksiran harga tanah. 
Untuk itu pihaknya nanti tunggu terima dokumen hasil penilaian tanah dari apraisal, maka akan tercantum hitungan ganti kerugiannya. 

"Untuk ganti rugi lahan sendiri, tim apraisal mempunyai metode perhitungan sendiri. Kita upayakan nanti memakai nilai penggantian wajar, bukan menggunakan nilai pasar," ujarnya. 

Adji mengatakan, untuk target selesai hingga peta bidang hingga negoisasi dengan warga setelah dokumen penafsiran harga selesai dilakukan secepatnya.  

"Karena informasi dari pemerintah pusat melalui balai mereka sudah proses lelang. Mungkin bulan Agustus mereka sudah tandatangan kontrak terhadap pemenang proyek flyover," ujarnya. 

Adji sangat mengharapkan, dukungan dari masyarakat akan adanya pembangunan flyover nanti.
 
"Tentunya jika pembangunan flyover ini sukses, kita berharap kedepan jalur jalan Dampak dariyang panjangnya 2,5 kilometer dapat perhatian juga dari Pemerintah Pusat," ujarnya. 

Sementara itu Winarni pemilik tanah yang bakal terkena pembangunan flyover mengatakan, pada prinsipnya dirinya sangat mendukung pembangunan flyover yang dilakukan pemerintah pusat, namun dengan catatat jika tawaran ganti rugi lahan yang ditawarkan dari pemerintah itu sesuai. 

"Sampai hari ini, kami masih menunggu taksiran harga ganti rugi lahan kami dari pemerintah. Hingga hari ini belum ada penawaran harga ganti rugi," ujarnya. 

Sejauh ini kata Winarni, dari pemerintah daerah sudah sering lakukan pengukuran atau pemetaan bidang tanah di lokasi bakal pembangunan flyover. 

"Sudah beberapa kali dari pemerintah daerah melakukan pengukuran tanah," pungkasnya. **
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 8377186208101985002

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item