Masalah HGU PT AMS Tak Kunjung Selesai

pena iklan

                               Perkebunan sawit (ilustrasi) 

Penakapuas com- Hingga hari ini warga Desa Renyai Kecamatan Seberuang masih menunggu niat baik dari PT AMS untuk menyelesaikan dugaan penyerobotan lahan yang masuk dalam Hak Guna Usaha (HGU) yang dilakukan oleh perusahaan. 

"Sampai hari ini belum ada respon dan belum ada perkembangan dari perusahaan," kata Thomas Yusuf salah satu pemilik lahan kepada wartawan via WhatsApp, Kamis 22 Juli 2021. 

Thomas menyampaikan, dirinya berharap masalah HGU PT AMS secepatnya di proses dan ada tindak lanjut baik dari perusahaan. 

"Kita juga meminta pihak Pemda cepat membantu menyelesaikan sengketa tanah masyarakat yang masuk HGU PT AMS," ujarnya.  

Lanjut Thomas, apalagi Bupati beberapa minggu lalu menyebutkan akan memanggil san mencabut izin perusahaan yang mengambil tanah masyarakat di salah satu media dan tersebar di Facebook. 

Sebelumnya Thomas mengatakan, dirinya yang tidak bisa membuat sertifikat tanah atas lahan miliknya. Di mana menurutnya peta HGU ditentukan oleh pihak perusahaan tanpa sepengetahuan pemilik tanah.

"Saya tidak pernah tahu kalau tanah saya masuk dalam HGU PT AMS, karena saya tidak pernah merasa menyerahkan tanah saya ke  perusahaan Sawit PT AMS ," katanya.

Thomas mengklaim jika lahan miliknya memiliki S-K-T dan tanah miliknya merupakan hasil pembagian sebagai masyarakat saat ada kegiatan perkebunan karet dari Dinas Perkebunan sekitar tahun 90-an.

"Semua masyarakat mendapatkan pembagian lokasi untuk menanam karet saat itu," tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Ranyai Hilir, Feronika Dessy mengatakan, hingga hari ini belum ada penyelesaian masalah HGU dari perusahaan. 

"Belum ada pak,karena keadaan skrng ini belum bisa untuk bertemu pihak perusahaan," ujarnya. 

Feronika mengatakan, untuk menyelesaikan masalah HGU PT AMS ini, pihaknya dalam waktu dekat akan mengumpulkan warga yang lahannya yang terkena HGU. 

"Nanti setelah dikumpulkan, kita akan menanyakan tindakan yang selanjutnya. Karena kami pemerintah desa hanya bisa membantu saja. saya serahkan kepada warga saya maunya tindakan apa yang di lakukan," pungkasnya ***
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 6448602022832910129

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item