Rajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Koramil Kalis Gelar Komsos Bersama Masyarakat

pena iklan



Kegiatan Komsos yang dilaksanakan Koramil 1206 - 12 Kalis

Penakapuas.com  - Koramil 1206-12/Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) bersama komponen masyarakat, Kamis (27/5) Kegiatan tersebut mengangkat tema "Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa" hadir Forkopimcam Kecamatan Kalis dan Bika, Kepala Puskesmas Bika dan Kalis, para Kepala Desa serta awak media.

Danramil 1206-12/Kalis Pelda Mulyadi menyampaikan, Komsos dilaksanakan sebagai sarana komunikasi untuk berbagi informasi yang ada.

"Mungkin ada sesuatu hal yang harus dikomunikasikan dan disampaikan yang perlu diketahui oleh khalayak umum, jadi disampaikan agar kita bisa mendiskusikannya bersama - sama," katanya.

Danramil mengatakan, Komsos dilaksanakan juga untuk merajut kesatuan dan persatuan serta meningkatkan kembali semangat jiwa nasionalisme.

"Melalui kegiatan seperti ini minimal dari tingkat desa sebagai penyambung lidah pemerintah disampaikan kepada masyarakat ditingkat dusun dan desa," harap Danramil.

Danramil menyampaikan, dalam menjalankan tugas Teritorial, Koramil Kalis membawahi 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Kalis dan Kecamatan Bika.

"Ini tentu menjadi tugas kami, secara perlahan saya akan mengunjungi satu-satu desa baik di Kecamatan Kalis maupun Kecamatan Bika," ungkap Danramil.

Untuk Kecamatan Kalis sendiri ada 17 desa yang harus dilakukan pembinaan teritorial oleh Babinsa. Demikian juga di Kecamatan Bika ada 8 Desa.

"Jadi kita harus mengcover setiap desa binaan tersebut," katanya.

Pembinaan teritorial kata Danramil dilaksanakan untuk semua lini. Kemudian penguatan fungsi tiga Pilar (Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa)

Danramil memastikan bahwa pihaknya siap mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah dari pusat hingga daerah. Beberapa program sudah dilaksanakan, diantaranya RT Tangguh Covid-19 dan tahun depan Kecamatan Kalis direncanakan sebagai lokasi TMMD.

"Dalam program teritorial, kita berupaya mengangkat potensi yang ada di desa, agar masyarakat luar mengetahui dan bisa berdampak dalam membangun ekonomi masyarakat desa," tambah Danramil Pelda Mulyadi.

Pada kesempatan yang sama, Camat Kalis Supriyadi mengapresiasi kegiatan Komsos yang dilaksanakan Koramil 1206-12/Kalis, dalam menggali informasi baik dari tingkat bawah maupun atas.

"Dengan tercovernya informasi ini, maka kita bisa melakukan langkah-langkah kebijakan apa yang harus kita ambil," ucpanya.

Camat mencontohkan masalah bencana banjir yang melanda beberapa desa di wilayah Kecamatan Kalis beberapa waktu lalu, maka dirinya meminta agar segala dampak yang ditimbulkan karena banjir agar disampaikan.

Camat juga menginformasikan terkait agenda pembangunan yang ada di wilayah Kalis, baik itu infrastruktur maupun pengembangan potensi yang ada di Kalis.

Kemudian masalah pandemi Covid-19, Camat mengatakan bahwa Satgas Covid-19 Kecamatan telah menyampaikan himbauan hingga ke desa - desa agar patuh dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kapolsek Kalis Iptu Daeng Usman mengharapkan, melalui Komsos ini, informasi yang didapatkan agar diteruskan kepada masyarakat ditingkat desa.

"Kami mengharapkan bantuan kepada para Kepala Desa, khususnya di wilayah Kalis, agar bisa bersama sama bersinergi mendukung dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban," kata Kapolsek.

 Kapolsek menyampaikan, saat ini perlu ditindaklanjuti hingga ke masyarakat mengenai masalah Covid-19, yakni pendisplinan protokol kesehatan. Karena sudah terbitnya Peraturan Gubernurnya tentang

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro

"Sehingga untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang tidak dibolehkan, seperti acara nikah dengan OGT, itu tidak dibolehkan karena memanggil orang untuk datang," tegas Kapolsek.

Ditambahkan Kapolsek Bika Ipda Supriyadi, untuk saat ini masalah Covid-19 ini harus menjadi perhatian bersama agar tidak melanggar protokol kesehatan.

"Kita jaga situasi pandemi, jangan sampai semua kena imbas, kita tidak pernah tahu Covid-19 itu dimana, siapa yang positif," kata Ipda Supriyadi.

Ipda Supriyadi juga mengingatkan masyarakat agar mengantisipasi terjadinya banjir dan Karhutlah, dua persoalan ini mesti diantisipasi oleh masyarakat. (taufiq)

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 2813759148588308637

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item