Perkebunan Sawit Kencana Group Antisipasi Karhutla di Kapuas Hulu

pena iklan
 
Penakapuas.com   - Bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla  terus menjadi momok baik bagi warga, perusahaan, maupun pemerintah.

Kencana Group yang menjadi perusahaan perkebunan sawit di Kabupaten Kapuas Hulu melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di area perusahaan.

Agus Pamungkas Humas Perusahaan Perkebunan Sawit dari Kencana Group menyampaikan, dari perusahaan perkebunan Sawit Kencana Group sendiri sudah mengantisipasi terjadinya Karhutla.
 
"Kami itu biasanya mengumpulkan masyarakat di sekitar perkebunan, Muspika, Manggala Agni dan lainnya untuk mengsosialisasikan soal pencegahan Karhutla," katanya saat usai mengikuti kegiatan Rakor antar lembaga dalam upaya pencegahan dan penanganan Karhutla yang digelar Polres Kapuas Hulu, Sabtu 13 Maret 2021. 

Agus memastikan, selama ini untuk perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di Kapuas Hulu khusunya dar Kencana Group tidak ada melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, lagipula aturan dari perusahaan juga tidak dibenarkan.
  
"Kita kalau membuka lahan itu membuka alat berat," ucapnya. 
Di masyarakat juga kata Agus, pihaknya dalam mencegah Karhutla ini juga membantu sarana dan prasarana dalam mencegah Karhutla. 

"Ada mesin pompa, selang dan lainnya kita bantu kepada masyarakat. Terus kalau ada warga yang ingin membuka lahan dengan cara dibakar itu, biasanya minta bantuan ke kami dalam membuat sekatnya. Terus baru kita sama - sama menjaga pembukaan lahan tersebut," ucapnya. 

Selain itu kata Agus, setiap perkebunan mereka selalu menyediakan Sapras mulai dari Menara Api, Embung dan lainnya. 
Kencana Group sendiri memiliki 11 perusahaan yang beroperasi di Kapuas Hulu. Setiap perkebunan dilengkapi alat pemadam kebakaran, di seluruh unit usaha yang sesuai dengan mandat pemerintah.

Sementara itu Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi menyampaikan, kegiatan Rakor antar lembaga dalam upaya pencegahan dan penanganan Karhutla pihaknya juga mengundang 4 group perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di Kapuas Hulu. 

"Kita tekankan kepada pihak perusahaan perkebunan sawit di Kapuas Hulu ini agar dapat mencegah Karhula. Kemudian dapat bersinergitas kepada semua elemen dalam penanganan Karhutla.  Kemudian kita minta setiap perusahaan perkebunan sawit dapat mempersiapkan Sarpras dalam membantu Satgas, karena ini menjadi komitmen bersama dalam mencegah Karhutla," tutupnya. (taufiq)
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 1799940910149288181

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item