Kasus Karhutla di Kalbar, 10 Orang Sudah Ditetapkan Tersangka

pena iklan

Penakapuas.com - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi akhir - akhir ini di Kalbar membuat aparat kepolisian bergerak cepat. Setidaknya Polda Kalbar saat ini menangani 8 kasus pembakaran lahan dan sudah menetapkan 10 orang tersangka. 

"Saat ini masih dalam proses penyidikan," kata Kombes Suyanto Karo Ops Polda Kalbar, Sabtu 13 Maret 2021. 

Suyanto mengatakan, kasus pembakaran lahan di Kalbar yang ditemukan tersebut buan berada dilahan konsesi melainkan dilahan masyarakat semua. 

Dalam mencegah dan penanganan Karhutla di Kalbar kata Suyanto, pihaknya juga sudah duduk bersama dengan Manggala Agni, BPBD dan lainnya untuk membahas masalah Karhutla ini.  

"Jadi langkah - langkah dalam penanganan Karhutla ini sudah dilakukan. Kemudian dari Kapolres ditindaklanjuti dengan apel kesiapsiagaan dengan mengajak dan merangkul seluruh stakholder," ujarnya. 

Suyanto juga menyampaikan bahwa, penanganan masalah Karhutla di Kalbar khususnya daerah yang rawan banyak gambutnya, pihak Polda Kalbar sudah memetakannya. 

"Namun kita tidak understimed dalam penanganan Karhutla. Tapi kita ingin semua Kapolres dan jajarannya haris memiliki kesiapannya dalam penanganan Karhutla," ujarnya. 

Suyanto mengatakan, untuk Kapolres di Kalbar dan jajarannya harus siap semua dalam menangani Karhutla. Saat ini di Kalbar situasi masih dalam curah hujan maka untuk itu segala sarana dan prasarana harus disiapkan personilnya kemudian jalinan networkkya juga harus diperkuat. 

."Kita mengharapnya semua sesuai perintah Kapolda, seluruh masyarakat termasuk perusahaan itu harus mentaati aturan yang ada. Terpenting jangan buka lahan dengan cara membakar, tapi dengan cara solusi lain yang tidak menimbulkan kebakaran," tutupnya. (taufiq)

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 8895181616599474495

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item