Kapolres: Penanganan Karhutla Jangan Mengandalkan Ego Sektoral

pena iklan

Penakapuas.com   - Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi pimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahun 2021 di Halaman Mapolres Kapuas Hulu, Sabtu 12 Maret 2021.

Dalam pelaksanaan gelar pasukan kegiatan tersebut dihadiri seluruh Personel Polres Kapuas Hulu termasuk personel Polsek yang terlibat dalam operasi Bina Karuna Kapuas Tahun 2021.

Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahun 2021 tersebut dihadiri Karo Ops Polda Kalbar Kombes Suyanto, Dandim 1206 Psb, Sekda Kapuas Hulu dan undangan lainnya. 

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi menyampaikan dalam penanganan Karhutla ini jangan mengandalkan ego sektoral, melainkan harus bersama - sama menanganinya mulai dari TNI, Polri, Pemda dan lainnya. 

"Terutama 3 pilar itu wajib sinergitas tanpa batas secara harmonisasi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menangulangi Karhutla," kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi, Sabtu 12 Maret 2021. 

Kapolres mengatakan, dalam penanganan Karhutla banyak caranya mulai dari pemberian edukatif kepada masyarakat luas bahwa sebab dampak Karhutla sangat membahayakan. 

"Meskipun kita ketahui kearifan lokal di Kapuas Hulu ini tentu untuk lahan pertanian dan perladangan dengan dikeluarkannya Pergub nomor 103 dan Perbup 51 tentang kearifan lokal disiasati dengan bijaksana. Kita berikan pemgertian pada masyarakat bahwa membakar lahan itu banyak mudharatnya kita ganti pembukaan lahan tanpa bakar," ujarnya. 

Oleh karena itu kata Kapolres, pihaknya memggelar apel kesiapan Karhutla dan digelar juga sarana dan prasarana disetiap tingkat kecamatan. 

"Memang wilayah Kabupaten Kapuas Hulu sangat besar, namun tidak menutup membuat kita bersatu padu menanggulangi Karhutla. Hilang ego sektoral masing - masing, semuanya berperan penting," ucapnya.
 
Sejauh ini kata Kapolres untuk perkembangan hot spot di Kapuas Hulu hingga tadi malam ada satu titik.

 "Alhamdullah sebelum 2 jam apel kita gelar ini, titik api di Kapuas Hulu sudah tidak ada," ucapnya. 

Sementara itu Karo Ops Polda Kalbar Kombes Suyanto menyampaikan bahwa penanganan masalah Karhutla di Kalbar khususnya daerah yang rawan banyak gambutnya, pihak Polda Kalbar sudah memetakannya. 

"Namun kita tidak understimed dalam penanganan Karhutla. Tapi kita ingin semua Kapolres dan jajarannya haris memiliki kesiapannya dalam penanganan Karhutla," ujarnya. 

Suyanto mengatakan, untuk Kapolres di Kalbar dan jajarannya harus siap semua dalam menangani Karhutla. Saat ini di Kalbar situasi masih dalam curah hujan maka untuk itu segala sarana dan prasarana harus disiapkan personilnya kemudian jaringan  networkkya juga harus diperkuat.
 
"Kita mengharapnya semua sesuai perintah Kapolda, seluruh masyarakat termasuk perusahaan itu harus mentaati aturan yang ada. Terpenting jangan buka lahan dengan cara membakar, tapi dengan cara solusi lain yang tidak menimbulkan kebakaran," tutupnya. (taufiq)

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 2156656184982552021

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item