Oknum Aparat Diduga Terlibat Illegal Logging

pena iklan

Kayu illegal logging yang ditemukan KPH Lintas Utara, Sabtu 13 Februari 2021 

Penakapuas.com - Mencoba melakukan penertiban kayu illegal  yang masuk dalam Kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT), mobil dari UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kapuas Hulu Lintas Utara diduga dibakar orang tak dikenal di Desa Nanga Awin Kecamatan Putussibau Utara, Sabtu (13/2).

"Mobil Dinas yang terbakar tersebut bernomor polisi KB 8797 FA," kata Berri Hutasoit Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat, UPT KPH Kapuas Hulu Utara, Sabtu 13 Februari 2021.
 
Berri menjelaskan, kronologis dugaan terbakarnya mobil mereka tersebut awalnya ketika pihaknya melakukan patroli rutin diwilayah Jalan Lintas Utara, kemudian menemukan adanya tumpukkan kayu yang berada di pinggir jalan raya.

"Saat itu posisinya ada orang yang hendak memuat kayu yang berada didekat jalan kedalam truk," ujarnya. 

Berri menyampaikan, saat pihaknya menanyakan terkait kayu yang hendak dimuat tersebut kepada supir truk, kemudian sopir truk menelfon pemilik kayu yang diduga oknum aparat. 

"Saat pembeli kayu itu datang kami menanyakan terkait kayu itu dan sempat bersitegang. Berdasarkan informasi yang kami dapat yang bersangkutan adalah oknum aparat" ucapnya. 

Beri enggan menjelaskan siapa oknum aparat yang terlibat dalam illegal logging tersebut, namun saat kejadian itu, pihaknya mengambil keputusan agar barang bukti kayu yang ada agar tidak dipindahkan. 

"Dan yang bersangkutan pun siap dimintai keterangan jika perkara ini masuk dalam proses penyidikan maupun penyelidikan
Ditambahkannya, kemudian pemeriksaan kayu tersebut dilakukan di tempat lokasi para pekerja didalam hutan," jelasnya.  

Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, AKP Rando menyampaikan, menyebabkan terkait kebakaran mobil tersebut pihaknya masih melakukan peneriksaan apakah terbakar atau dibakar.

"Kami belum bisa menyimpulkan sebab masih menghimpun keterangan terlebih dahulu," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 6757012252629539800

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item