Kemenag Kapuas Hulu Tunggu Keputusan Menteri Agama Soal Keberangkatan Haji Tahun 2021

pena iklan
 
Syahrul Kepala Kemenag Kapuas Hulu 

Penakapuas.com   - Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih belum mendapat kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 2021. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan tiga opsi sebagai antisipasi pelaksanaan haji tahun ini pada masa pandemi COVID-19. Maka dari itu Kemenag Kapuas Hulu masih menunggu kepastian dari Kementrian Agama.

"Pada pertemuan Rapat Pimpinan 19 Januari lalu  yang membahas masalah haji, dari Kemenag RI ada menyampaikan 3 opsi soal haji tahun ini," kata Syahrul Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis 4 Februari 2021. 

Syahrul menyampaikan, hasil rapat yang dilakukan kemarin ada 3 opsi yang disampaikan sebelumnya yakni pertama jamaah haji tetap diberangkatkan semua pada tahun 2021, kedua keberangkatan haji tetap dilaksanakan namun hanya 50 persen saja dan opsi terakhir semua jamaah haji tidak diberangkatkan. 

"Namun semua ini masih menunggu keputusan dari Kementrian Agama RI dan Arab Saudi," ujar Syahrul. 

Syahrul mengatakan, jika haji tahun ini benar - benar dilaksanakan, maka jamaah haji tahun 2020 yang tertunda keberangkatannya akan diprioritaskan tahun ini. Hanya saja untuk biaya haji tahun ini diperkirakan akan naik, namun belum diketahui secara pasti kenaikan biaya haji ini dibebankan kepada siapa. Apakah dibebankan kepada calon jamaah haji atau pemerintah karena pihaknya masih menunggu keputusan. 

 "Calon Jamaah Haji kita yang ada dan siap untuk diberangkatkan itu ada 128 orang," ucap Syahrul. 

Kendati keberangkatan haji ini belum ada kepastian, namun pihaknya tetap mempersiapkan segala kelengkapan dokumen bagi calon jamaah haji yang bakal berangkat. "Kemarin juga kita ada bantu urus paspor bagi calon jamaah haji," ucap Syahrul. 

Dengan belum ada kepastian soal penyelenggaraan haji, Syahrul mengharapkan calon jamaah haji agar dapat bersabar sambil menunggu kepastian ibadah haji dilaksanakan atau tidak. 

"Haji inikan panggilan ibadah kita kepada Allah. Maka saya ingatkan kepada calon jamaah haji agar dapat menjaga kesehatan dan menambah ilmu pengetahuan soal ibadah haji," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 2568955427437536030

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item