Kemenag Kapuas Hulu Tentukan Arah Kiblat Salat di Mentebah

pena iklan
 
Kegiatan pengukuran titik koordinat arah kiblat yang dilakukan oleh Kemenag Kapuas Hulu di Kecamatan Mentebah, Rabu 3 Februari 2021 

Penakapuas.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas Hulu mengukur titik koordinat arah kiblat salat di lokasi pembangunan surau Al Amilin Desa Nanga Mentebah Kecamatan Mentebah, Rabu 3 Februari 2021. 

Mawar Susardi Pelaksana Pemberdayaan Masjid Seksi Bimas Islam Kemenag Kapuas Hulu menyampaikan, pengukuran titik koordinat arah kiblat dilakukan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kemenag Kapuas Hulu. 

"Pengukuran ini sangat penting, karena merupakan alat pemersatu umat Islam dalam melaksanakan ibadah salat," katanya, Kamis 4 Februari 2021. 

Mawar mengatakan, dalam pengukuran Arah Kiblat tersebut dihadiri langsung oleh KUA Kecamatan Mentebah,  Penyuluh Agama Kecamatan Mentebah, Kepala Desa Mentebah, Kepala Dusun Mentebah Kiri 02,  BPD Nanga Mentebah serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.   

"Proses pengukuran berjalan lancar tanpa kendala, walau dalam keadaan cuaca panas, tapi tidak menghalangi kegiatan tersebut," ujar Mawar.

Mawar menjelaskan, dalam pengukuran arah Kiblat tersebut, pengurus surau berkewajiban melengkapi berkas yang berhubungan dengan pendirian surau agar diserahkan ke Kantor Kemenag.  

"Selanjutnya datanya akan di input ke Aplikasi Onlie Simas, agar surau tersebut resmi terdata di Kementerian Agama.” jelasnya. 

Sementara itu Sukirno Penyuluh Agama Islam Kecamatan Mentebah menjelaskan, pendirian surau Al Amilin ini dibangun diatas tanah wakaf. 

"Ini semua merupakan keinginan dan inisiatif warga setempat, dengan harapan agar dilingkungan tersebut ada tempat untuk menampung anak-anak TPA, serta mempermudahkan masyarakat untuk solat berjamaah," pungkasnya. (taufiq)

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 591179023678146370

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item