4 Desa di Kapuas Hulu Penghasil Cabe

pena iklan

Abdurrasyid 

Penakapuas.com   - Sedikitnya ada 4 daerah penghasil cabe terbanyak di Kabupaten Kapuas Hulu. Diantaranya Desa Nanga Danau Kecamatan Kalis, Sebindang Kecamatan Badau, Nanga Ret Kecamatan Boyan Tanjung dan Nanga Payang Kecamatan Bunut Hulu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu Abdurrasyid menyampakkan, produksi cabe lokal petani Kapuas Hulu tersebut bahkan sudah dijual ke luar kabupaten.

"Penjualan langsung oleh kelompok tani masyarakat, ada ke Kabupaten Sintang dan daerah lainnya di luar Kapuas Hulu," katanya, Rabu 3 Februari 2021.

Abdurrasyid menjelaskan, produksi atau panen cabe tahun 2020 lalu mencapai 27 ton dan sudah dipasarkan masyarakat, dimana mereka menjual tergantung permintaan. 

"Untuk harga memang tergantung pasar, itu mekanisme pasar yang mengatur, semakin baik harga cabe, petani kita juga meningkat ekonominya," ucap Rasyid.

Rasyid memastikan bahwa Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu tetap mendukung upaya budidaya cabe yang dilakukan petani, dukungan yang diberikan berupa penyuluhan, bantuan bibit atau benih serta pupuk.

Untuk itu Rasyid mengharapkan, pangsa pasar cabe ini tetap berjalan, artinya ada pembeli dengan harga yang tidak melonjak.

"Saya mengharapkan para petani cabe juga agar terus bekerja dengan baik, menghasilkan mutu yang bagus karena ini barang konsumsi. Makanya kita mulai membatasi pupuk kimia, namun lebih dominan menggunakan pupuk organik," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 7812286906002545079

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item