Tiga BUMD di Kapuas Hulu Diharapkan Bisa Mendongkrak PAD

pena iklan

Serli 

Penakapuas.com - Kabupaten Kapuas Hulu memiliki tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diantaranya BUMD PT Uncak Kapuas Mandiri, PDAM Kapuas Hulu dan PD Uncak Kapuas. 

Ketiga BUMD ini pun diharapkan pada tahun 2021 dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Kapuas Hulu.

Serli Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, didirikannya ketiga BUMD ini orientasinya pada pelayanan publik dan bukan untuk mencari keuntungan yang setingginya dalam orientasi bisnis. 

"Namun kita tetap berharap bagaimana kedepan BUMD kita ini dapat meningkatkan kontribusinya dalam meningkatkan PAD Kapuas Hulu," katanya, Jumat (22/1)

Untuk mendapatkan hasil PAD dari ketiga BUMD ini kata Serli memang perlu ada pembuatan Peraturan Bupati maupun perubahan peraturan daerah. 

"Misalnya perubahan Perda terhadap PDAM, sehingga dengan perubahan Perda tersebut akan mendatangkan PAD bagi daerah. Selama ini PDAM tidak dapat mengeluarkan laba atau keuntungan bagi hasil karena tidak tersebut dalam Perda yang lama," jelas Serli. 

Maka untuk PDAM ini kata Serli, kemungkinan pertama membuat Perbup kembali soal bagi hasil terhadap laba bersih mereka sebesar 30 persen setelah dikurangi penyusutan. 

"Yang kedua diatur kembali Perbup tentang retribusi terhadap apa yang dibebankan pada perusahaan dengan catatan bahwa pelayanan air bersih itu menunjukan kualitasnya," paparnya.  

Lanjut Serli, begitu juga dengan BUMD  PT UKM harus ada bagi hasil 30 persen dari laba setelah dikurangi penyusutan.

 "Tahun 2019 lalu keuntungan bersih dari PT UKM yang dibayarkan ke Pemda itu baru 49 juta. Sementara 2020 belum ada," jelasnya. 

Menurut Serli, selama ini memang penyertaan modal yang diberikan kepada PT UKM ialah untuk meningkatkan pelayanan publik bukan untuk mencari keuntungan yang setingginya dalam orientasi bisnis.

 "Meskipun PT UKM memilkki berbagai bidang usaha seperti SPBU, Travel, Madu dan lainnya," paparnya. 

Lanjut Serli, begitu juga dengan BUMD PD Uncak Kapuas yang sudah memiliki Direktur baru. Tentunya harus ada target yang mesti dicapai
"
Paling tidak dapat meningkatkan pengelolaan penginapan atau hotel antara lain adalah Hotel Badau Permai, Hotel Rindu Kapuas Putussibau dan Penginapan Sentarum Indah di Lanjak," harapnya. 

Sambung Serli, soal PAD dari PT Uncak Kapuas ini tentunya sama juga dengan dua BUMD sebelumnya yakni ada bagi hasil sebesar 30 persen dari keuntungan mereka yang harus dibayarkan ke Pemda setelah dikurangi penyusutan. 

"Kita lihat saja tahun ini bagaimana upaya ketiga BUMD ini dapat membantu mendongkrak PAD kita yang ada selama ini," pungkasnya. (taufiq)

Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 8599644137750144150

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item