Ribuan Warga Kapuas Hulu Terima Sertifikat Tanah Gratis

pena iklan

Perwakilan warga Kapuas Hulu saat menerima sertifikat tanah gratis di BPN Kapuas Hulu, Selasa (5/1)

Penakapuas.com - Awal tahun 2021 ribuan warga Kabupaten Kapuas Hulu menerima sertifikat tanah gratis dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kapuas Hulu. Penyerahan sertifikat tanah gratis tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual, Selasa (5/1). 

Penyerahan sertifikat tanah gratis di Kapuas Hulu secara virtual sendiri, BPN Kapuas Hulu menggelarnya di Hotel Banana Putussibau yang dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu AM Nasir bersama Forkompinda. Penyerahan sertifikat pun jumlahnya dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan Covid - 19.

Kainda Kepala BPN Kapuas Hulu mengatakan, pada tahun 2020 pihaknya menyelesaikan sertifikasi tanah sebanyak 7.885 bidang yang terdiri dari redistribusi tanah sebanyak 7.485 bidang dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 400 bidang. 

"Sertifikat tanah gratis ini sebenarnya sudah lama jadi dan baru kita serahkan hari ini karena menunggu instruksi dari Kementrian ATR terkait penyerahan secara simbolis mesti dilakukan Presiden," katanya, Selasa (5/1).

Kainda pun berharap kepada masyarakat yang sudah menerima sertifikat tanahnya ini tentunya sudah memiliki legalitas hukum terkait kepemilikan tanahnya.

"Tentunya dengan adanya sertifikat tanah ini pun, masyarakat pun sudah mempunyai jaminan dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian mereka. Dimana mereka sudah bisa mengagunkan sertifikat mereka ke Bank untuk kegiatan usaha mereka. Namun juga perlu perhitungan jangan sampai salah langkah," ujarnya. 

Untuk tahun 2021 ini kata Kainda, target penyelesaian tanah di Kapuas Hulu baik itu melalui kegiatan redistribusi tanah dan PTSL tampaknya menurun mengingat masih dalam pandemi Covid - 19. 

"Jumlah bidang tanah yang diberikan kepada kami untuk diselesaikan tahun ini hanya 3 ribu lebih," ucapnya. 

Kainda Kepala BPN Kapuas Hulu saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan sertifikat tanah gratis kepada warga Kapuas Hiku, Selasa (5/1)

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengatakan, program sertifikasi tanah yang dilakukan oleh Kementrian ATR melalui BPN ini sangat membantu masyarakatnya. 

"Program ini sangat membantu masyarakat kami, ada kepastian hukum. Selama ini masyarakat hanya mengaju saja memiliki tanah dan tidak dibuktikan dengan sertifikat," ujarnya. 

Bupati mengungkapkan dengan adanya sertifikat tanah yang dimiliki masyarakat, tentunya manfaatnya sangat besar bagi menunjang perekonimian mereka.

"Paling tidak masyarakat bisa membuka usaha dengan menjaminkan sertifikat tanahnya ke Bank," tutur Bupati.

Sementara itu Stevanus warga Desa Sejiram Kecamatan Sejiram mengaku senang tanah miliknya kini sudah ada legalitas hukum berupa sertifikat tanah. 

"Saya ada 2 Ha tanah yang sudah disertifikat oleh BPN, saya senang. Mudah - mudahan dengan adanya sertifikat ini bisa membantu perekonomian dalam mengembangkan usaha kedepannya," pungkasnya. (taufiq)  
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 1052023540018691446

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item