Pemkab Kapuas Hulu Akan Bebaskan Lahan 5 Hektare untuk Pembangunan Markas Brimob

pena iklan

Adji Winursito

Penakapuas.com - Rencananya tahun 2021 ini Pemkab Kapuas Hulu akan membebaskan lahan seluas 5 Hektare untuk pembangunan Markas Brimob Polda Kalbar. 

"Tahun kemarin itu ada permintaan Polda Kalbar kepada Kabupaten Kapuas Hulu untuk mempersiapkan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan Markas Brimob," kata Adji Winursito Kabag Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (21/1). 

Adji mengatakan, untuk memenuhi permintaan tersebut, pihaknya pun sudah mencari lokasi yang cocok untuk pembangunan Markas Brimob Polda Kalbar yakni di Desa Tekudak Kecamatan Kalis.

"Lokasi pastinya di pinggir jalan. Secara langsung kita belum tahu pasti lokasi lahan dan siapa - siapa pemilik lahan tersebut. Tentunya kita tetap koordinasi dengan Desa dan Camat setempat," ujar Adji. 

Untuk pembebasan lahan tersebut kata Adji, tahun ini sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar. 

"Kita akan proses pembebasan lahan ini menunggu pelaksanaan Perbup pembentukan bidang pertanahan dengan eksekusi pelantikan pejabat definitifnya sehingga dalam menjalankan program kegiatan ini ada legalitasnya," jelas Adji. 

Lanjut Adji, untuk proses pembebasan lahan warga tersebut  dilakukan dengan melibatkan tim appraisal. Pelibatan dilakukan menyesuaikan aturan pemerintah sekaligus prinsip transparansi.

"Tim appraisal ini memiliki peran sangat penting. Salah satunya berkaitan dengan penghitungan taksiran harga tanah,” ucapnya. 

Sambung Adji, dirinya sangat menyambut baik adanya wacana pembangunan Markas Brimob. Menurutnya pembangunan Markas Brimob nantinya dapat memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah pada umumnya dan masyarakat pada khususnya.

“Pada hakikatnya semuanya kembali kepada masyarakat. Dengan keberadaan Markas Brimob maka akan memberikan dampak besar bagi kamtibmas. Begitu pula pada sektor lain,” pungkas Adji. (taufiq)
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 5969633777153423709

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item