Kapolres Tindak Tegas Penyebar Hoax Terkait Vaksinasi COVID - 19

pena iklan

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi saat menjalani suntik vaksin, Jumat (29/1)

Penakapuas.com - Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi meminta masyarakat tidak mudah percaya informasi Covid-19 yang meresahkan terutama melalui media sosial (Medsos).

Sebelum membagikan informasi, lebih baik disaring dan dicek terlebih dahulu kebenaran dan keakuratannya.

Bagi yang membagikan (sharing) berita atau informasi-informasi yang tidak benar, Kapolres tidak akan segan menindak. 

Kapolres menyampaikan bahwa hingga hari ini di Kapuas Hulu belum ada yang menyebarluaskan terkait informasi hoax soal vaksin COVID - 19 ini. 

"Saya yakin masyarakat Kapuas Hulu sudah dewasa dalam menyebarkan berita - berita di Medsos. Kalau pun ada menyebarkan berita hoax akan kita tindak tegas," ujar Kapolres.   

Kapolres menyatakan bahwa dirinya sudah melakukan suntik vaksin, namun seperti biasa belum ada merasa efek samping dalam 30 menit pertama.

 "Tapi sampai hari ini belum ada apa - apa hang rasa rasakan," ucap Kapolres. 

Sementara itu Anggota DPD RI Erlinawati Nasir mengimbau kepada masyarakat Kapuas Hulu agar tidak takut untuk divaksin Sinovac dan jangan percaya dengan informasi hoax terkait vaksinasi COVID-19.

"Saya saja jika tidak ada riwayat penyakit tentu sangat mau divaksin karena ini untuk kesehatan kita. Saya imbau masyarakat juga jangan takut divaksin," katanya.

Menurut Anggota DPD RI Komite III ini mengatakan, pemerintah menjamin keamanan vaksin COVID-19 yang sudah didistribusikan ini. 
Kepastian tersebut antara lain melalui otorisasi penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kedua lembaga tersebut telah mengkaji efektivitas, keamanan, efikasi, serta kehalalan vaksin COVID-19.

"Tidak perlu mendengar berita-berita hoax. Vaksin ini bertujuan untuk melindungi kesehatan kita dan keluarga dari virus corona. Sudah ada statement dari MUI dan BPOM bahwa vaksin ini aman,” pungkas Istri Bupati Kapuas Hulu AM Nasir ini. (taufiq) 
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 4399301188823797876

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item