Direktur PD Uncak Kapuas: Hotel Berbintang di Kapuas Hulu Tak Perlu Dibangun

pena iklan

Iman Shabirin Direktur BUMD PD Uncak Kapuas 

Penakapuas.com - Wacana Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu untuk membangun hotel berbintang di dalam kota tampaknya sulit terealisasi. 

Iman Shabirin Direktur BUMD PD Uncak Kapuas menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu tak perlu membangun hotel di Kota Putussibau. Meskipun penyertaan modal untuk membangun hotel tersebut sudah diberikan kepada PD Uncak Kapuas. 

"Rencana membangun hotel ini sudah 4 tahun yang lalu. Namun setelah 4 tahun ini kan sudah ada hotel yang dibangun oleh pengusaha di Kapuas Hulu. Saya pikir sudah tidak representatif lagi jika kita harus membangun hotel lagi," katanya, Senin (25/1). 

Mantan Anggota DPRD Kapuas Hulu mengatakan, jika Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu masih memaksakan untuk membangun hotel berbintang, menurutnya sudah tidak strategis dan mahal nantinya.

"Apalagi dengan pergantian Bupati baru nanti siapa jamin pembangunannya. Nanti saya ajukan pembangunan hotel itu misalnya Rp12 milyar lalu mankrak dan jadi sorotan nantinya. Saya tidak mau," tegas Iman. 

Iman pun menyinggung soal modal yang diberikan oleh Pemkab Kapuas Hulu kepada PD Uncak Kapuas pun agar dialihkan saja penggunaan untuk yang lain seperti pembangunan apotik, pembangunan penyebrangan, perdagangan dan lainnya.

"Dengan perubahan Peraturan Daerah nanti, modal yang ada di PD Uncak Kapuas itu bisa dialihkan. Biarkan kami yang menentukan, mana yang prioritas," ujar Mantan Anggota DPRD Kapuas Hulu ini. 

Sementara itu Serli Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, dirinya belum bisa memastikan apakah pembangunan hotel berbintang ini akan dilakukan atau tidak. 

"Semua tergantung dari pembahasan dengan Sekda nanti. Dan saya telah memasukan telaahan staf kepada Sekda. Nanti pimpinan dan PD Uncak Kapuas lah yang menentukan pembangunan itu jadi atau tidak," jelasnya. 

Lanjut Serli, selama ini memang Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu memberikan modal kepada PD Uncak Kapuas untuk pembangunan hotel.

"Namun hal tersebut perlu ditinjau kembali mengingat banyak hotel yang berdiri di Kapuas Hulu, apalagi saat ini musim pandemi Covid - 19 jumlah pengunjung pun jauh menurun," paparnya.

Serli menjelaskan, Pemkab Kapuas Hulu memang memberikan peyertaan modal bagi BUMD PD Uncak Kapuas sebanyak tiga kali.

Diantaranya penyertaan modal PD Uncak Kapuas tahun 2015 sebesar Rp9 milyar ke PD Uncak Kapuas, kemudian tahun tahun 2017 Pemkab Kapuas Hulu memberikan penyertaan modal untuk pembangunan hotel namun dalam bentuk tanah seluas 3.740 M2 yang berada di jalan Rahadi Usman Kelurahan Putussibau Kota. Jika dinominalkan jumlah uangnya Rp8,2 miliar. Kemudian tahun 2018 Pemkab Kapuas Hulu Hulu kembali memberikan penyertaan modal sebesar Rp4 milar. 

"Penyertaan modal tahun 2017 dan 2018 itu memang diperuntukan untuk kegiatan pembangunan hotel. Sementara penyertaan modal tahun 2015 tidak disebutkan secara gamblang untuk pembangunan hotel," pungkas Serli. (taufiq)
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 4863220860058465875

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item