Banyak di PHK, Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Meningkat

pena iklan

Dwi Nugroho

Penakapuas.com - Klaim Jaminan Hari Tua atau JHT di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu melonjak secara drastis selama pandemi COVID-19 pada tahun 2020.

"Tahun 2019 lalu yang melakukan pencairan JHT itu hanya 490 kasus dengan total uang yang dicairkan sebesar Rp2,5 M. Sementara sepanjang tahun 2020 kemarin yang melakukan pencairan JHT sebanyak 1.410 kasus dengan total dana yang dicairkan sebesar Rp9,6 milyar," kata Dwi Nugroho Kepala KCP BP Jamsostek Kapuas Hulu saat ditemui diruangannya, Selasa (12/1).

Dwi mengungkapkan melonjaknya klaim JHT ini dikarenakan banyaknya karyawan perusahaan sawit di Kapuas Hulu melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) didalam suasana pandemi Covid - 19.

"Selain alasan adanya PHK, kemungkinan tingginya klaim JHT ini karena kita juga sudah melakukan pelayanan secara online sehingga masyarakat dengan mudah melakukan proses pencairan JHT dengan tidak harus datang kesini," ujarnya.

Dwi mengatakan, setiap hari selalu ada yang mengajukan klaim JHT, rata - rata yang mengajukan klaim JHT ini dari karyawan perusahaan perkebunan sawit dimana perharinya ada 5 - 15 orang yang mengajukan klaim JHT.

"Saya perkirakan tahun ini klaim JHT akan terus melonjak jika masih dalam suasana Covid- 19 seperti ini," tuturnya.

Lanjut Dwi, selain klaim JHT yang mereka cairkan, ada juga program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang mereka bayarkan sepanjang 2020.

"Untuk JKM ada 17 kasus dengan total uang yang dicairkan Rp624 juta. Sementara JKK ada 13 kasus dengan dana yang sudah dicairkan sebesar Rp43 juta," jelasnya.

Sambung Dwi, dirinya mengimbau jika ada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengklaim program jaminan baik itu JHT, JKM, JKK dan JP harus melengkapi data sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) supaya klaim yang diajukan mereka nanti prosesnya dapat dilakukan lebih cepat.

"Soalnya sekarang ini proses pengajuan klaim ini sudah menggunakan sistem online," pungkas Dwi. (taufiq)
Advertisement
pena iklan

Related

Kapuas Hulu 3408009659575779157

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item