Tingkatkan Kualitas Pengelolaan, Dinas Koperasi Kapuas Hulu Berikan Pelatihan

pena iklan pena iklan

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu Abang Chaerul Saleh menyerahkan secara simbolis tanda peserta, Senin (9/11)

Penakapuas.com - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu berikan pelatihan perkoperasian, bagi pengurus dan pengawas yang ada di Bumi Uncak Kapuas. 

Pelatihan yang diadakan di aula kantor Camat Badau tersebut  berlangsung selama tiga hari, dari 9 hingga 11 November 2020.

"Ada 44 orang yang kita berikan pelatihan  terdiri dari pengurus dan pengawas dari 22  koperasi perkebunan sawit di Utara dan Selatan," kata Zulkifli Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu, Senin (9/11). 

Pria yang akrab disapa Zul ini mengungkapkan, pelatihan yang diberikan kepada pengurus dan pengawas koperasi ini materinya pun berkaitan dengan kebijakan dan pengawasan perkoperasian, menajemen kelembagaan koperasi dan terakhir manejemen keuangan koperasi.

"Narasumber dari Balai pelatihan perkoperasian provinsi Kalbar dan dari Dinas koperasi dan UKM Kalbar," ujarnya. 

Lanjut Zul, kegiatan ini untuk pengkaderan anggota koperasi. Sehingga pada regenerasi pengurus berikutnya bisa memahami tentang perkoperasian.

Puluhan pengurus Koperasi di Kapuas Hulu saat foto bersama 

“Kegiatan kita ditujukan bagi bagi pengurus, pengawas, ataupun anggota koperasi yang berpotensi menjadi pengurus berikutnya, makanya kita berikan pelatihan mengenai dasar-dasar perkoperasian agar para regenerasi yang mau jadi pengurus bisa memahami masalah perkoperasian.” jelasnya. 

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu Abang Chaerul Saleh mengapresiasi semangat berkoperasi yang semakin membaik, dengan tumbuhnya berbagai macam bentuk usaha koperasi. Ia juga menyampaikan, penyuluhan mengenai perkoperasian akan semakin gencar dilakukan oleh dinas.

“Semangat kawan-kawan berkoperasi semakin membaik. Terbukti sekarang sudah tumbuh usaha-usaha. Oleh karena itu, penyuluhan mengenai perkoperasian kami akan harus gencar, orang membentuk koperasi sekarang tidak mudah dibentuk di masyarakat, kita benar-benar selektif. Nah oleh karena itu bagi yang sudah punya koperasi tolong hidupkan dengan baik. Kalo bapak-bapak ibu-ibu mengalami kesulitan untuk merekrut anggota dsb-nya, perlu penyuluhan datang ke dinas, dinas akan membantu memberikan penyuluhan.” paparnya. 

Hingga saat ini, terdata sebanyak 256  koperasi di kabupaten Kapuas Hulu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 95 koperasi aktif, sedangkan 161 lainnya tidak aktif. (taufiq)
Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item