Sering Lewati Jalan Kabupaten, Perusahaan Sawit di Kapuas Hulu Terkesan Abaikan Perbaikan Jalan

pena iklan pena iklan

Muhammad Kharbi 

Penakapuas.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu telah memanggil sejumlah pimpinan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah tersebut, guna membahas permasalahan akses jalan status kabupaten maupun desa yang selama ini juga digunakan oleh pihak perusahaan untuk aktivitas angkutan.

Setelah dilakukan pembahasan bersama antara Pemkab, DPRD dan OPD terkait, nantinya akan ada MoU atau perjanjian kerjasama terkait penanganan jalan wilayah perkebunan yang rusak.
Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Kapuas Hulu, merupakan OPD teknis yang akan menindaklanjuti proses penyusunan MoU tersebut. Hal ini dikemukakan Muhammad Kharbi, Kabid Bina Marga DPUBMSDA, Selasa (10/11).

"Kita lakukan kolaborasi penanganan jalan di wilayah perkebunan. Ada sekitar 16 ruas jalan kabupaten yang merupakan kewenangan kita itu juga dilewati untuk kegiatan operasional pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit," ungkap pria yang disapa Boby ini saat ditemui diruangannya, Selasa (10/11).

Bobi mengatakan, mestinya pihak perusahaan juga ikut menangani ruas jalan yang rusak dengan kualitas penanganan yang sesuai standar sehingga bertahan dalam jangka waktu lama. Namun selama ini terkesan diabaikan, sepanjang masih bisa dilalui, sehingga kerap menyulitkan masyarakat melintas.

Oleh karenanya Bobi berharap, dengan adanya kerjasama kolaborasi penanganan ruas jalan kabupaten yang rusak, pihak perusahaan bisa melaksanakan penanganan sesuai dengan spek atau standar jalan yang ditangani oleh Bina Marga.

"Namun selama ini jauh dari maksimal. Apalagi perusahaan dengan beban angkutannya melebihi kekuatan jalan kita, jadi ini membuat cepat rusak. Maka kalau mereka mau gunakan jalan, mari sama - sama kita tangani," pungkas Bobi. (taufiq)
Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item