Realisasikan DAK Untuk Air Minum dan Sanitasi

pena iklan pena iklan

Sofiah 

Penakapuas.com - Pemangkasan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) oleh pemerintah pusat berdampak pada sejumlah program kegiatan di Bidang Bidang Penyehatan Lingkungan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya (DPKP-TRCK) 
Sofiah, ST.,MT, Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya (DPKP-TRCK) mengaku, awalnya DAK sempat dihapus semua, namun pertengahan tahun diluncurkan lagi.

“Namun tidak semua seperti paket – paket lelang tidak di setujui, hanya kelompok – kelompok masyarakat yang sifatnya swakelola itu juga pertimbangan karena mudah diproses, karena kalau untuk lelang memakan waktu lama,” ungkap Sofiah.

Misal pada pelaksanaan IPAL, itu ada yang individual dan komunal, yang komunal tidak diluncurkan lagi oleh pemerintah pusat, karena membutuhkan waktu lama, maka hanya yang individual bisa direalisasikan. 

“Yang dilaksanakan khusus pekerjaan air minum itu ada di 7 (tujuh) desa, kemudian 7 desa lagi untuk yang IPAL/sanitasi. Dengan total anggaran DAK lebih dari Rp1 milyar,” kata Sofiah.

Progres saat ini lanjut Sofiah, sudah pada tahap penggalian tanki – tanki atau lobang untuk septic tank.

 “Kemarin itu lama di pengadaan material, karena barangnya pabrikan, tapi kalau barang sudah siap tinggal dikerjakan,” pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8962575427953152366

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item