Penyusunan RDTR Kota Putussibau Utara dan Putussibau Selatan Masih Berproses

pena iklan pena iklan

Yahya 

Penakapuas.com  - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya (DKPTRCK) Kabupaten Kapuas Hulu tengah menyusun tahapan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) khusus Kota Putussibau Utara dan Putussibau Selatan.

Yahya, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya (DKPTRCK) Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan pola tata ruang peta Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan harus tertata dan teregister dalam bentuk dokumen.

"Pertama kita di peta harus ditampilkan juga di mana posisi perkantoran pemerintah maupun swasta, kemudian posisi ruang terbuka hijau harus ada, posisi daerah terminal yang layak, posisi daerah Perindustrian dan pusat-pusat ekonomi dan pusat keramaian lainnya," ujar Yahya.

Dalam penyusunan RDTR tersebut, DKPTRCK bersama konsultan yang ditunjuk pada tahap sekarang sedang membedah peta untuk mengakomodir semua bagian dalam RDTR tersebut.

"Kemudian di tahun 2021 tahap kedua, nanti akan berlanjut hingga ke tahap akhir terbit sebuah Perda (Peraturan Daerah) yang bisa di revisi setiap lima tahun sekali," kata dia.

Ditambahkan Yahya, setelah ditetapkannya RDTR, maka pembangunan-pembangunan yang akan dilakukan harus mengacu pada lokasi-lokasi yang sudah di floating.

"Malah nilai plus kita khusus untuk daerah Putussibau Selatan, kita telah mendengar informasi akan adanya pelebaran dan penambahan panjang run way," tambah Yahya.

Demikian juga dengan pemanfaatan lahan gambut sesuai kebutuhan secara optimal, sehingga tidak di pakai secara semena - mena, termasuk juga areal persawahan yang semakin berkurang akibat dialihkan untuk pemukiman.

"Nanti akan kita floating dimana area pertanian yang tepat. Maka kerja keras kita sekarang ini menghimpun data dari Kecamatan, Kelurahan sebagai data baku yang menjadi acuan, termasuk berapa luasan yang akan dialihkan itu harus diketahui," kata dia.

Kendati baru dilaksanakan penyusunan  RDTR Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan, pihaknya kata Yaya akan mencoba meyakinkan masyarakat bahwa dengan ditentukannya pola atau pembagian segmen-segmen ruang, diharapkan kota tidak carut-marut.

"Sebagai contoh di daerah pemukiman itu harus includ dengan fasilitas yang ada, misal jalan masuk pemukiman kemudian drainasenya seperti apa dan yang lebih penting adalah analisa mengenai dampak lingkungan ataupun pengelolaan air limbah sangat penting sekali," papar Yahya.

Untuk itu kata Yahya, perlu disosialisasikan kepada masyarakat bawa ke depan Kota Putussibau diperuntukan untuk pengembangan kota yang lebih baik. "Kemudian RDTR ini adalah turunan dari RTRW kabupaten Kapuas Hulu sebagai induknya," pungkas Yahya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4926180569112010639

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item