Pemkab Anggarkan Rp750 juta Ganti Rugi Lahan TPAS di Kalis

pena iklan pena iklan

Adji Winursito

Penakapuas.com - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp750 juta untuk ganti rugi lahan dalam rangka pembangunan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Kecamatan Kalis. Proses ganti rugi lahan pun dalam waktu dekat ini akan dilakukan.

"Besok rencana mengundang 6 pemilik lahan untuk membicarakan soal ganti rugi lahan ini," kata Adji Winursito Kabag Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (5/11).

Adji menjelaskan, dari pemilik lahan sebelumnya sudah melakukan penawaran terhadap lahan mereka kepada panitia pengadaan dengan harga Rp15.000 permeter. Sementara luas lahan yang ada tersebut 4,2 hektare.

"Bukan pemerintah yang menentukan ganti rugi tersebut, karena yang menilai ganti rugi tersebut ialah appraisal," ujar Adji.

Adji berharap dalam pertemuan besok ada kesepakatan yang disepakati dalam ganti rugi lahan tersebut sehingga proses ganti rugi pun bisa cepat diproses tahun ini juga.

"Jika lahan milik warga itu sudah menjadi milik Pemkab Kapuas Hulu. Tentunya dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang bisa mengelola lahan tersebut untuk pembangunan TPA," paparnya.

Sambung Adji, selama ini untuk TPA yang dikelola Pemkab Kapuas Hulu berada di Desa Sibau Hulu Kecamatan Putussibau Utara dan statusnya pun masih sewa. 

"Kita berharap dengan dibangunnya TPA nanti di Kalis, pengelolaan sampah kita lebih baik lagi kedepannya," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5845088795648588430

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item