Pemkab Kapuas Hulu Anggarkan Rp62,9 M Bayar Honor Tenaga Kontrak 2021

pena iklan pena iklan

Azmi Plt Kepala BKD Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kapuas Hulu Azmi mengungkapkan, pada tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menganggarkan sebesar Rp43,4 milyar untuk pembayaran honor tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. 

Sementara dengan adanya kenaikan honor tenaga kontrak pada tahun 2021 sebesar 60 persen, tentunya anggaran untuk pembayaran honor tenaga kontrak juga bertambah.

"Total anggaran tahun 2021 setelah kenaikan itu sebesar Rp62,3 M," katanya, Selasa (1/12).

Azmi menyambut baik dengan adanya kenaikan honor bagi tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini, soalnya keberadaan mereka juga sangat membantu Pemerintah.

"Sejauh ini tenaga kontrak ditempat kami BKD sangat membantu pelaksanaan pekerjaan," ujarnya.
Sebelumnya Mohd Zaini Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mengungkapkan kenaikan gaji tenaga kontrak tahun depan itu sebanyak 62-67 persen.

Zaini mengatakan, kenaikan gaji bagi tenaga kontrak diperkirakan mencapai Rp1 juta. Misalnya jika tenaga kontrak dengan tamatan pendidikan S1 yang sebelumnya mendapatkan honor sebesar Rp1,75 juta, maka dengan kenaikan 60 persen gaji tersebut, maka gaji yang diterima oleh tenaga kontrak tersebut sebesar Rp2,6 juta.

Lanjut Zaini, bahwa sebelum gaji tenaga kontrak ini dinaikan untuk 2021, sebelumnya pihaknya sudah dingatkan oleh tim evaluasi provinsi Kalbar pada saat evaluasi APBD 2020 bahwa honor yang dipergunakan oleh Pemkab Kapuas Hulu tidak mengacu pada standar UMK Kapuas Hulu.

"Oleh arena itu kita berusaha agar pada tahun anggaran APBD 2021 sudah mengacu pada standar UMK," jelasnya.

Lanjut Mantan Kepala BKD ini, menurutnya dengan kenaikan gaji tenaga kontrak yang sesuai UMK ini menunjukan bahwa eksekutif dan legislatif serius bagaimana meningkatkan kesejahteraan ekonomi para tenaga kontrak.

"Maka untuk itu kita harapkan kepada tenaga kontrak yang gajinya sudah dinaikan ini agar meningkatkan etos kerjanya. Berikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tupoksinya," pungkasnya. 

Perlu duketahui bahwa jumlah tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berjumlah sebanyak 2.064 orang.(taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1399634369222542679

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item