Pembangunan Jembatan Melancau Puring Kencana Disetujui

pena iklan pena iklan

Boby 

Penakapuas.com - Pembangunan satu unit jembatan di wilayah Puring Kencana, perbatasan RI-Malaysia Kabupaten Kapuas Hulu kembali diusulkan tahun depan. Hal ini disampaikan Muhammad Kharbi, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) kemarin. 

Kharbi menyampaikan, jembatan Melancau di Puring Kencana tersebut sejatinya dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 ini, namun pemerintah pusat menarik kembali dana DAK, untuk  penanganan dampak pandemi Covid-19, sehingga pembangunan jembatan Melancau tidak bisa direalisasikan.

"Jadi untuk dana DAK untuk pembangunan jembatan tahun ini tidak ada. Namun kemarin kita lakukan kembali verifikasi dana DAK dengan pusat, sehingga disetujui pembangunan satu jembatan yakni jembatan Melancau di Puring Kencana tahun depan," terang Boby, sapaan akrab M. Kharbi.

Lebih lanjut Kharbi mengatakan, tahun depan juga diusulkan pembanguna ruas jalan di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Untuk jalan itu pada ruas jalan Sekubah - Selimbau, Simpang Silat-Nanga Silat dan Sejiram - Gurung. Ini sementara sudah di asistensi dan sudah disetujui pusat. Cuma kita tidak tahu kedepan situasi seperti apa, karena  ini musim pandemi apakah ditarik atau tidak," kata dia.

Sedangkan untuk fokus Dana Alokasi Umum (DAU) kata Boby, masih pada penanganan ruas jalan Nanga Bunut dan Nanga Manday - Nanga Embaloh.

"Sekarang untuk Nanga Bunut memang sudah tembus, namun masih tanah, artinya belum permanen, demikian juga Nanga Manday-Nanga Embaloh sudah tembus, namun belum pengerasan," tutur Boby.

Dirinya memastikan bahwa masih banyak ruas jalan yang harus ditangani oleh pihaknya, namun itu kembali dengan ketersediaan anggaran.

"Tergantung ketersediaan anggaran seperti di ruas jalan Nanga Dangkan-Landau Kumpang tepatnya di bukit Serabun masih perlu penanganan, kemudian Tekudak- Tanjung Kecamatan Kalis. Kemudian di daerah utara yakni di Apan, Mataso dan lainnya," pungkas M. Kharbi. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1318168623227794103

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item