Jalan Bunut Hilir dan Nanga Mandai Prioritas 2021

pena iklan pena iklan

Hj Ana Mariana ST.MM

Penakapuas.com - Tahun 2021 Pemkab Kapuas Hulu melalui Dinas PU Bina Marga dan SDA akan memprioritaskan pembangunan jalan di Bunut Hilir dan Nanga Mandai Kecamatan Bika melalui Dana Alokas Umum ((DAU).

Hj Ana Mariana ST.MM Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu menjelaskan, untuk jalan di Kecamatan Bunut Hilir panjangnya kurang lebih 37 Km, namun dari Pemkab sudah melakukan peningkatan dari tanah dasar, karena jika dibiarkan terlalu lama maka kerusakannya pun makin parah sehingga menyulitkan pihaknya melakukan penanganan. Maka untuk itu pihaknya memprioritaskan penanganan jalan Bunut Hilir tahun depan. 

"Meskipun difokuskan pembangunan jalan Bunut Hilir, bukan berarti langsung selesai pembangunannya namun butuh lanjutannya lagi. Untuk sampai pengaspalan jalan Bunut Hilir bisa saja dilakukan jika ada komitmen semuanya dalam menganggarkan dana untuk jalan Bunut Hilir," katanya kemarin. 

Ana yang juga Ketua Perempuan Melayu Kapuas Hulu ini mengatakan, dapat dibayangkan panjang jalan Bunut Hilir itu 37 Km, sementara untuk pengaspalan 1 Km itu saja dibutuhkan dana Rp3 milyar. Namun jalan itu bisa selesai 3-4 tahun asal semua komitmen menganggarkan dana untuk jalan itu.

"Sampai saya pensiun pun jalan Bunut Hilir belum tentu pengaspalan selesai semua, tapi jika semua komitmen maka jalan Bunut Hilir akan cepat selesai," ujarnya. 

Lanjut Ana, sementara untuk jalan Nanga Mandai panjangnya kurang lebih 37 Km, jalan tersebut masih tanah dasar, pihaknya sudah melakukan peningkatan dasar, itu pun baru 4-5 kilo dan masih membutuhkan peningkatan kembali. Sebenarnya jalan tersebut sudah bisa dilalui jika tidak hujan, hanya saja agak sulit karena masih ditumbuhi rumput. 

"Makanya kita bertahap melakukan peningkatan jalan di Nanga Mandai. Misalnya ada anggaran yang cukup untuk 2 Km tentunya 2 Km dahulu kita lakukan," paparnya. 

Lanjut Ana, target mereka bagaimana jalan Nanga Mandai ini bisa dilalui terlebih dahulu sambil menunggu anggaran selanjutnya untuk peningkatan jalan lebih baik kedepannya.
 
"Makanya kita berharap jalan tersebut bisa tembus dan bisa dilalui tanpa adanya rumput saja sudah sukur," pungkas Ana. (taufiq)  

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3274167243612410204

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item