Beri Pelatihan Las Kelistrikan untuk Warga Usia Produktif

pena iklan pena iklan

Didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian Kapuas Hulu Iwan Setiawan, Jantau Asisten 1 Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu  mengalungkan tanda peserta kepada peserta pendidikan dan pelatihan tenaga kerja produktif, Senin (23/11)

Penakapuas.com - Pandemi Covid-19 membawa dampak buruk. Utamanya dalam bidang ekonomi. Banyak perusahaan yang terpaksa harus merumahkan para karyawannya. Akibatnya, pengangguran dimana-mana.

Pemkab terus berupaya mengurangi pengangguran di Bumi Uncak Kapuas. Salah satunya dengan meningkatkan skill bagi masyarakat usia bekerja, namun belum memiliki pekerjaan. Pemkab Kapuas Hulu melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian memberikan pendidikan dan pelatihan Las Kelistrikan di Hotel Merpati Putussibau, Senin (23/11). 

Kegiatan pelatihan pun dibuka oleh Jantau Asisten 1 Pemerintahan. 
Dalam sambutannya Jantau Asisten 1 Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian tersebut dalam meningkatkan SDM usia produktif pada masa Pandemi Covid - 19 ini. 

"Melalui kegiatan ini tentunya meningkatan kualitas bagi peserta agar bisa terampil dan berdaya saing," katanya. 

Peserta pendidikan dan pelatihan tenaga kerja produktif saat berfoto bersama, Senin (23/11)


Jantau mengungkapkan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya penanggulangan dari dampak pandemi COVID  - 19
 
“Program ini untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Pemkab memberdayakan mereka yang terdampak akibat pandemi Covid-19, diberikan pelatihan Las Listrik ini," jelasnya. 

Lanjut Jantau, pelatihan las listrik ini dipilih, mengingat jasa ini dibutuhkan hampir semua orang. Ia berharap pelatihan ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk keluarga sendiri maupun untuk membuka usaha yang dapat meningkatkan taraf ekonomi peserta.

Sementara itu Iwan Setiawan Kepala Disnaker Transmigrasi dan Perindusrian Kapuas Hulu  melalui Kabid Tenaga Kerja Subandi mengatakan, pemberian pelatihan las listrik bagi warga usia produktif baru pertama dilakukan oleh pihaknya. 

"Mereka diberikan pelatihan las listrik supaya kedepan mereka menjadi semacam bengkel keliling bagi masyarakat. Sehingga ketika masyarakat ingin membuat pagar besi, kanopi dan lainnya mereka ini bisa diberdayakan," ujarnya. 

Lanjut Subandi, ada 10 warga yang mereka berikan pelatihan las listrik ini dengan dibantu dua orang instruktur. "Melalui pelatihan ini kita juga berupaya untuk menekan angka pengangguran, agar usia muda produktif ini dapat mengembangkan bakatnya masing – masing, sesuai keahliannya,” jelasnya. 

Dijelaskan Subandi pemberian pendidikan dan pelatihan pada usia produktif merupakan program tahunan yang dilakukan bertahap dengan kegiatan bervariasi disesuaikan perkembangan daerah. 

"Seperti tahun ini, pelatihan diberikan kepada masyarakat lokal untuk keterampilan las listrik, mungkin tahun depan kita bisa melaksanakan pelatihan bagi usia produktif seperti salon dan lainnya," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4421917387180892708

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item