Pengadaan Bibit Ikan di Kapuas Hulu Rp2,6 Milyar

pena iklan pena iklan

Sulaiman 

Penakapuas.com - Pengadaan bibit ikan di Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2020 ini mencapai Rp2,6. Pengadaan bibit ikan ini berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) Rp1,7 milyar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp900 juta. 

"Pengadaan bibit ikan ini terdiri dari ikan Nila 151.000 ekor, Gurame 17.000 ekor, Arwana 30 ekor, Jelawat 26.000 ekor, Lele 30.000 ekor dan Patin 30.000 ekor," kata Sulaiman Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kapuas Hulu, Selasa (27/10). 

Sulaiman mengatakan, bantuan pengadaan bibit ikan ini tentunya diperuntukan bagi Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan). Dimana Pokdakan yang akan menerima bantuan bibit ikan ini tampaknya merata mulai dari Pokdakan yang ada di Lintas Utara, Selatan maupun daerah sungai. 

"Untuk pengadaan bibit ikan yang berasal dari DAU ini nantinya melalui pihak ketiga yang menyalurkannya ke Pokdakan sementara DAK bantuannya berupa uang dan langsung disalurkan ke kelompok," ujar Sulaiman. 

Sejauh ini kata Sulaiman dalam pengadaan bibit ikan yang disalurkan maupun yang diterima oleh kelompok budidaya ikan Kabupaten Kapuas Hulu tidak ada masalah. 

"Soalnya kita punya tim teknis sendiri untuk mengecek bantuan ini tepat sasaran atau tidak. Apakah kuantitas dan kualitas ikan yang diberikan sesuai atau tidak," jelas Sulaiman. 

Maka untuk itu Sulaiman mengingatkan bagi Pokdakan yang merasa menerima bantuan bibit ikan namun tidak sesuai, maka segera melapor saja kepada pihaknya dan jangan takut. 

"Sejauh ini 40 persen yang mengerjakan pengadaan bibit ikan, soalnya masih ada pihak ketiga yang lain masih mengurus administrasi kontraknya," pungkas Sulaiman. (taufiq)
Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item