Pemkab Kapuas Hulu jalankan Program Mina Padi

pena iklan pena iklan

Roni Januardi Kepala Dinas Perikanan Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melalui Dinas Perikanan menjalankan program mina padi di 4 kecamatan untuk meningkatkan pendapatan Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) maupun petani.

"Program itu merupakan teknologi tepat guna dalam rangka optimalisasi lahan sawah untuk meningkatkan pendapatan para petani dan anggota budidaya ikan," kata Roni Januardi Kepala Dinas Perikanan Kapuas Hulu, Selasa (27/10).

Roni menjelaskan, program Mina padi adalah usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air di lahan yang ditanami padi untuk budidaya ikan. 

"Selain mendapatkan padi dengan kualitas organik, minapadi membuat petani memanen hasil ganda, yakni padi dan ikan," ungkapnya.

Roni menjelaskan, di Kabupaten Kapuas Hulu ada 4 kelompok budidaya ikan (Pokdakan) yang mendapatkan program mina padi ini diantaranya Pokdakan di Desa Riyam Piyang Kecamatan Mentebah, Desa Martadana Kecamatan Pengkadan, Desa Sungai Besar Kecamatan Bunut Hulu dan Desa Lubuk Antuk Kecamatan Hulu Gurung. 

"Dalam program mina padi, satu kelompok dibantu 15 ribu ekor ikan Nila namun lahan sawahnya mesti setengah - satu hektare," ujar Roni. 

Lanjut Roni, program ini sangat bagus dalam rangka upaya meningkatkan pendapatan Pokdakan maupun petani. 

 "Saya sangat bangga dengan masyarakat Kapuas Hulu, karena masih bertahan dengan mengolah sawah, dan dengan adanya mina padi ini akan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota budidaya ikan dan petani," pungkas Roni. (taufiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1671066071874356334

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item