Masalah Perehaban SPAM, Kepala Desa Menarin Angkat Bicara

pena iklan pena iklan

Amran Kades Menarin Kecamatan Mentebah 

Penakapuas.com - Amran Kepala Desa Menarin Kecamatan Mentebah akhirnya angkat bicara terkait  kasus perehaban Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dianggap warga yakni  bermasalah karena tidak mengalir di RT 1 Desa Menarin dan dilaporkan Supardi warga Desa Menarin ke Polres Kapuas Hulu beberapa tahun yang lalu. 

Saat ditemui Amran menjelaskan, pada tahun 2017 lalu, pihaknya memang menganggarkan untuk perehaban SPAM dengan Dana Desa sebesar Rp530 juta secara bertahap. 

"Pengerjaan SPAM itu dianggap selesai saat itu dan airnya pun mengalir kerumah warga. Kita ada buktinya air itu mengalir. Bukan seperti yang warga katakan tidak mengalir sama sekali. Itu bohong," katanya, Senin (5/10). 

Amran menegaskan, timbulnya permasalahan ini bermula ketika air yang sudah diambil alih oleh pihak desa dari PDAM Kapuas Hulu dan dilakukan pengrehaban saat itu airnya mengalir lancar. Bahkan sebelum SPAM direhab desa, jumlah warga yang menikmati air bersih awalnya hanya 79 warga, namun setelah direhab jumlah lebih dari itu warga menikmati air bersih tersebut. 

Lanjut Amren, di saat air itu lancar barulah ada muncul permasalahan yakni sering terjadinya pengrusakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab sehingga mengakibatkan air tidak lancar mengalir hingga keujung yakni ke RT 1.

Amran menegaskan dirinya membantah terhadap laporan warganya yang menganggap SPAM dari tahun 2017 usai direhab itu tidak mengalir, itu jelas tidak benar. Justru airnya pernah mengalir. Jika ada warga yang mengatakan perehaban SPAM oleh desa tidak pernah mengalir itu bohong. 

"Masalah pengrusakan ini kami sudah melapor ke polisi sebanyak tiga kali," ucap Kades.
Sambung Amran, sebagai bentuk tanggungjawab dirinya sebagai Kepala Desa Menarin, pihaknya saat ini masih melakukan perbaikan jaringan. Rencananya pembersihan jaringan itu sampai ke ujung. 

Sebenarnya kata Amran, dirinya tidak mau memperpanjang persoalan ini, justru dirinya ingin menyelesaikan persoalan ini secara musyawarah warga untuk mencari jalan keluarnya. 

"Bentuk usaha dan upaya Pemdes mengadakan mesin pompa air untuk RT yang belum ada air dari desa," pungkas Amran. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8900923367167806946

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item