Masa Pandemi Covid-19, Sekolah Kreatif Membuat Proses Pembelajaran Tetap Jalan

pena iklan pena iklan

Sri Siti Haslindar

Penakapuas.com -  Masa pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini menjadi tantangan berat bagi dunia pendidikan di daerah. Bagaimana tidak, sistem pembelajaran harus dilaksanakan menggunakan sistem dalam jaringan (daring)dan luar jaringan bagi daerah yang tidak memiliki akses internet. 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Sri Siti Haslindar mengungkapkan, proses pembelajaran di masa pandemi menjadi tantangan bagi siswa dan guru.

"Yang menjadi kesulitan saat ini pembelajaran di masa pandemi Covid-19, dimana kemampuan antara guru, siswa dan oranga tua dalam berkomunikasi menggunakan fasilitas IT ini masih terbatas, tidak semua kecamatan mempunyai jaringan dan tidak semua siswa memiliki perangkat untuk belajar," ungkap Sri, Kamis (1/10)

Untuk itu kata Sri, upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan jauh dari harapan, hal ini juga diakui  oleh Kementerian pendidikan, yang lebih mengedepankan keselamatan dan kesehatan siswa dan guru.
Sri mengapresiasi bahwa sudah banyak sekolah yang menerapkan sistem belajar luring, dengan berbagai inovasi, sehingga proses belajar mengajar tetap berjalan, tentunya dengan mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

"Solusi yang kita berikan secara luring, dengan pemberian tugas bagi yang tidak memiliki akses jaringan, kemudian ada yang guru lngsung mendatangi siswa berkumpul di rumah dengan jumlah terbatas, bahkan sistem pertemuan guru dan siswa menggunakan shift," ungkap Sri.

Dirinya juga menghimbau agar sekolah maupun siswa dalam penerapan belajar di luar jaringan agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Selain itu kata Sri, sekolah di wajibkan melalui dana BOS untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD).

"Dipastikan semua siswa dan guru punya dan menggunakan masker guru, bahkan di sekolah juga sudah banyak yang melakukan penyemprotan disinfektan," terang Sri.

Untuk itu kata Sri, sekolah tidak libur, namun waktu proses pembelajaran tatap muka diperpanjang hingga 31 Desember 2020 mendatang.

"Jadi semua kegiatan di sekolah tetap berjalan, meskipun dengan keterbatasan," pungkas Hj. Sri Siti Haslindar. 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8596344429729356987

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item