Kisah Serda Asi Kembangkan Madu Kelulut Tambah Pendapatan Keluarga

pena iklan pena iklan

Dandim 1206 Psb Letkol Inf Basyarudin saat meninjau langsung hasil budidaya madu lebah kelulut yang dilakukan oleh anggota Babinsa Koramil 1206 - 05 Embaloh Hulu Serda Asi belum lama ini 

Penakapuas.com - Di Desa Pulau Manak Kecamatan Embaloh Hulu Serda Asi salah satu anggota Babinsa Koramil 1206 - 05 / Embaloh Hulu sudah dua tahun belakangan mengembangkan budidaya madu lebah kelulut atau Trigona Sp. 

Sebagai seorang TNI, dirinya tak hanya ingin berdiam diri saja, potensi alam yang ada diwilayah kerjanya pun coba dimanfaatkanya di sela - sela tugasnya sebagai anggota Babinsa. 

Budidaya madu lebah kelulut pun mulai ditekuninya bersama keluarganya, dengan memanfaatkan perkarangan diseputaran  mess tempat tinggalnya. Menurutnya madu lebah kelulut ini sangat berguna bagi sehatan karena banyak kandungan vitamin, meneral dan enzim, sebagai suplemen dan dapat menghasilkan pendapatan keluarga. 

"Beternak madu kelulut tidak susah namun butuh kesabaran menunggu panen cukup lama, karena dalam satu kandang (satu kotak terbuat dari papan) sekali panen bisa menunggu waktu satu tahun. Dan hasilnya lebih kurang satu botol, maksimal tiga botol," katanya, Jumat (30/10)

Menurut Asi kualitas panen tergantung alam, jika cuaca bagus, maka bunga tumbuh - tumbuhan bisa bersemi dengan bagus maka lebah kelulut akan menghasilkan madu cukup banyak.  Begitu juga kalau pohon - pohon tidak bisa berbunga dengan bagus maka berpengaruh juga ke produksi madu kelulut.

Lanjut Asi, berkaitan dengan pemasaran madu ini sendiri, dirinya dan masyarakat di desa binaan  akan panen sebelum pelaksanaan festival danau Sentarum pada pertengahan atau akhir tahun yang rutin dilaksanakan setiap tahun belakangan ini. 

"Namun karena pandemi wabah Covid - 19 sampai bulan Oktober ini belum ada kepastian tentang pelaksanaan festival danau Sentarum. Biasanya pada saat festival danau Sentarum semua stok madu kelulut habis. Kalau pesanan penduduk lokal sangat terbatas karena harga cukup tinggi jika dibandingkan dengan madu hutan, bisa dua kali lipat lebih," jelas Asi.

Sementara itu Dandim 1206 Psb Letkol Inf Basyarudin menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Babinsa Koramil 1206-05/Embaloh Hulu Serda Asi, yang telah kreatif dengan edukasinya membudidayakan lebah Kelulut ini di desa pulau Manak yang bekerjasama dengan kelompok tani binaannya .

“Hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan budidaya kepada masyarakat di desa binaan, sehingga dapat mewujudkan lapangan pekerjaan baru dan mendukung perekonomian masyarakat umumnya diwilayah Kecamatan Embaloh Hulu,” pungkas Dandim. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4840886836000281777

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item