Kaji Ulang Pengembangan Bandara Pangsuma Putussibau

pena iklan pena iklan

Bandara Pangsuma Putussibau 

Penakapuas.com  - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero menghadiri Presentasi Review Master Plan Masuk Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan, Batasan Kawasan Kebisingan, Daerah Lingkungan Kerja dan Daerah Lingkungan Kepentingan yang diadakan oleh Kantor UPBU Pangsuma Putussibau, di hotel banana Putussibau, Kamis (15/10). 

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu turut mengikuti kegiatan tersebut.
 
Kepala Bandara Putussibau, Hery Azhari Batubara memaparkan saat ini Bandara Pangsuma Putussibau memiliki luas 1.830 meter runway, luas 243 meter sementara besaran terminal 120 meter persegi. 

Sedangkan maskapai yang melakukan penerbangan adalah Nam Air, City Link dan Wing Air. "Saat ini karena wabah Covid - 19 hanya satu maskapai yang terbang yaitu Nam Air, terbangnya 2 kali dalam seminggu," ucapnya. 

Hery mengatakan, Bandara Pangsuma adalah bandara prioritas karena di kawasan perbatasan. Bandara Pangsuma punya peran penting dalam menunjang perekonomian daerah. 

"Dengan dukungan Bandara Pangsuma Kapuas Hulu dapat menjadi pusat kegiatan nasional dan lokal. Bahkan dibawah 1 juta 
penumpang per tahun," tegasnya. 

Hery mengatakan, perlu kajian ulang untuk pengembangan Bandara Pangsuma Putussibau. "Sebab bandara ini sudah masuk Renstra Kementerian Perhubungan Republik Indonesia," ujarnya. 

Sementara itu Wabup Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero mengatakan, selama ini Kapuas Hulu selalu dapat dukungan pengembangan daerah dari luar daerah. Hal ini karena pemanfaatan Bandara Pangsuma. 

"Tidak bisa dipungkiri Bandara Pangsuma memberi dampak ekonomi bagi Kapuas Hulu," tegasnya.
 
Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan review master plan pengembangan Bandara Pangsuma. "Ini akan jadi acuan pengembangan kedepan agar Bandara Pangsuma terkelola dengan baik," ujarnya. 

Anton Pamero juga terimakasih pada Kantor UPBU Pangsuma yang dukung pembuatan master plan. Ini mendukung pembangunan dari sektor perhubungan udara. 
Bandara Pangsuma juga mendorong perkembangan dan pembangunan nasional, khususnya di Kapuas Hulu. 

"Pengembangan ini kita berharap dapat bekerjasama sebaik-baiknya. Semoga kedepan bisa dimasukan maskapai lain lagi sehingga memberi lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kapuas Hulu," ujar Wabup. 

Wabup mengajak semua stekholder untuk sama-sama mensukseskan pengembangan bandara Pangsuma.  
"Kami harap pengembangan bandara dapat terus dikoordinasikan dengan Pemda Kapuas Hulu agar bandara ini kedepan dapat terbangun dengan baik," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4527369508980246159

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item