Isu Penghapusan Tenaga Kontrak, Sekda Sebut Tenaga Kontrak Masih Dibutuhkan

pena iklan pena iklan

Mohd Zaini Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Tenaga kontrak di Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 2.064 orang. Adanya isu wacana penghapusan tenaga kontrak 2023 oleh Pemda Kalbar pun tentu akan berdampak bagi roda pemerintahan mengingat tenaga kontrak ini sangat membantu kinerja pemerintah daerah.
 
"Mungkin nanti akan kita kaji kembali karena untuk sementara kita memang masih membutuhkan tenaga kontrak, apalagi tenaga kontrak tersebut sebagian besar adalah tenaga pendidik  dan tenaga kesehatan," kata Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (6/10). 

Sekda pun sulit membayangkan jika kebijakan penghapusan tenaga kontrak itu benar - benar diterapkan. Terutama penghapusan tenaga kontrak di bidang pendidikan dan kesehatan. 

"Mungkin ada pengecualian untuk penghapusan tenga kontrak itu dibidang pendidikan dan kesehatan dan begitu juga untuk tenaga administrasi karena antara jumlah pegawai yang pensiun dengan kebutuhan personil tidak sesuai, maka dari dulu untuk membantu tenaga PNS yang terbatas hrs merekrut tenaga kontrak,"  ujarnya. 

Sementara itu Petrus Kusnadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu mengaku tenaga kontrak di tempatnya memang banyak terutama tenaga pendidik.  
"Kalau kebijakan penghapusan tenaga kontrak  ini diterapkan, maka sektor pendidikan paling menerima dampaknya. Setiap tahun guru - guru memasuki usia pensiun, sementara tidak setiap tahun ada penerimaan PNS guru," ujarnya. 

Lanjut Kusnadi, untuk memenuhi ketersediaan guru di satuan pendidikan, pemerintah daerah mengangkat tenaga guru kontrak. Sekolah juga mengangkat honorer sekolah yang dibiayai dari dana BOS. 

"Saya pikir, harus ada pengecualian terhadap tenaga guru kontrak atau honorer," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 995532627572435276

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item