Disdikbud Kabupaten Kapuas Hulu Tunjuk Dua Sekolah Simulasi PISA

pena iklan pena iklan

Hj Sri Siti Haslindar 

Penakapuas.com  - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu terus melakukan upaya penyesuaian terhadap kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait sistem pendidikan yang ada saat ini.

Kepala Bidang Dikdas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Hj. Sri Siti 
Haslindar mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan simulasi pembelajaran berbasis kompetensi PISA (Programme for International Student Assessment)
Pasalnya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menetapkan tahun 2020 menjadi tahun terakhir pelaksanaan ujian nasional (UN). UN pada tahun 2021 akan diganti dengan Asessment Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.
 
Assessment tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional. Melainkan, melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan enumerasi, baik tingkat SD khususnya kelas V, maupun SMP hingga SMA.

“Jadi kita sudah menunjuk dua sekolah di Kabupaten Kapuas Hulu sebagai sampel untuk penerapan Pisa ini, sekolah tersebut yakni SMP Negeri 1 Pengkadan, dan SMP Negeri 3 Hulu Gurung,” ungkap Hj. Sri Siti Hasilndar.

Secara teknis tambah Sri, simulasi pembelajaran berbasis PISA itu melibatkan beberapa siswa, contoh di SMPN Pengkadan ada 5 siswa, kemudian SMPN Hulu Gurung melibatkan 8 orang siswa.

“Kegiatan sudah kita laksanakan Minggu lalu, di Bulan September 2020, sistem aplikasi offline. Hasilnya nanti akan kita evaluasi , kemudian pada 8 Oktober nanti dilakukan di Pontianak,” terangnya.

Seperti diketahui, dengan menggunakan standar PISA, dan bukan lagi UN maka assessment pendidikan di Indonesia akan merujuk pada standar internasional. Hal ini sebagai gambaran pemetaan kompetensi siswa.

“Jadi ini dalam upaya persiapan, karena di tahun 2021 tidak ada, untuk peserta yang ikut Pisa tingkat SD itu kelas V, kemudian SMP kelas VIII dan kelas IX, kemudian tingkat SMA yakni Kelas XI dan XII,” pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 465007771051220497

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item