Desa Melapi Kecamatan Putussibau Selatan Deklarasi ODF

pena iklan

Suasana saat deklarasi ODF Desa Melapi Kecamatan Putussibau Selatan di Betang RT 3, Rabu (14/10)

Penakapuas.com  - Desa Melapi Kecamatan Putussibau Selatan di deklarasikan sebagai desa ODF (Open Defecation Free)
Rabu (14/10) Bupati Kapuas Hulu AM Nasir bersama Ny. Erlinawati Nasir, Anggota DPD/MPR, sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Camat Putussibau Selatan, dan Forkopimcam hadir dalam Deklarasi ODF Desa Melapi.

Dalam arahannya, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengingatkan masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan Covid-19, dengan disiplin menerapkan 3M plus diantaranya Menjaga Jarak, Mencuci tangan pakai sabun, Menggunakan Masker.

"Ditambah dengan menghindari kerumunan. Kemudian untuk meningkatkan imunitas tubuh usahakan konsumsi buah dan sayur, konsumsi vitamin, tetap berperilaku hidup bersih dan sehat," pesan AM Nasir.

Lebih lanjut Bupati Kapuas Hulu dua periode ini menyampaikan bahwa masih banyak hal-hal terkait kesehatan yang belum selesai hingga saat ini, salah satunya stop buang air besar sembarangan atau ODF.
"Yang mana saat ini desa telah ODF baru 19 desa atau 6.71 persen, dari semua desa yang ada. 
Untuk itu saya berharap kedepannya agar lebih ditingkatkan lagi kemajuan desa ODF, karena ini merupakan salah satu indikator kinerja pemerintah," ucap Bupati.

Oleh karenanya, orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini mengapresiasi desa-desa di Kapuas Hulu yang sudah ODF, salah satunya Desa Melapi Kecamatan Putussibau Selatan.

"Untuk itu Desa Melapi ini kita berikan reward atau penghargaan karena sudah mendeklarasikan diri sebagai desa ODF," pungkas Nasir.

Setelah itu Bupati Kapuas Hulu menandatangani  prasasti ODF serta penyerahan piagam Desa ODF kepada Desa, Puskesmas Putussibau Selatan dan Kader STBM.

Reward atau penghargaan sebagai bentuk motivasi serta pengakuan atas usaha masyarakat Desa Melapi agar dapat terus menjaga desanya tetap ODF.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah mengajak masyarakat untuk tetap melanjutkan melakukan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat melui 5 pilar STBM dan bisa memotivasi desa lainnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1336046918463047023

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item