Bawaslu : Semua Cabup - Cawabup Langgar Protokol Kesehatan COVID - 19 Saat Kampanye

pena iklan pena iklan

Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu

Penakapuas.com - Masa kampanye Pilkada Kabupaten Kapuas Hulu menyisakan 39 hari. Namun sayangnya selama masa kampanye berlangsung, semua Calon Bupati - Wakil Bupati yang bertarung diduga melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) Covid - 19.

Hal ini disampaikan langsung oleh Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurutnya pelanggaran yang
paling banyak dilanggar oleh peserta Pilkada ialah tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan sosial distancing (jaga jarak).

"Terutama pelanggaran sosial distancing yang paling banyak dilanggar oleh kandidat. Dimana usai kampanye mereka tidak menerapkan sosial distancing dalam berfoto dengan masyarakat," katanya Selasa (27/10).

Haidir mengatakan, pelanggaran Prokes ini tentu menjadi atensi pihaknya, maka dari itu dirinya mengingatkan kepada tim kandidat agar dapat mematuhi prokes dalam kampanye.

"Kami bisa saja membubarkan kegiatan foto bersama bagi setiap kandidat jika tidak mematuhi sosial distancing ini. Jika kami tidak tegas hal ini, kita takut akan menimbulkan klaster baru Covid -19," jelasnya.

Lanjut Haidir, dari catatan yang ada, pelanggaran kampanye bukan hanya terhadap prokes saja. Namun pihaknya mencatat ada pelanggaran di media sosial yang berujung pelaporan ke Gakumdu. Selanjutnya pelanggaran intimidasi terhadap anggota Pengawas Pemilu Kelurahan Desa (PPKD) di Hulu Gurung.

"Kemudian ada juga pelanggaran kampanye tanpa mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) oleh pasangan calon di Kecamatan Bunut Hilir dan Suhaid," ucap Haidir.

Sambung Haidir, selama Pilkada dan ditambah dengan pandemi Covid - 19 pihaknya agak sulit melakukan pengawasan Pemilu, soalnya pihaknya kurang dukungan dari Satgas Covid - 19 baik itu di Kabupaten maupun kecamatan.

"Jika dilihat dilapangan, terutama di Kecamatan, hanya Bawaslu saja yang selalu mengingatkan paslon untuk menerapkan Prokes Covid - 19 selama Pilkada berlangsung," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4419123621643724430

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item