Bawaslu Kapuas Hulu Mulai Rekrut Pengawas TPS

pena iklan pena iklan

Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu  mulai melaksanakan tahapan perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk pelaksanaan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di masing-masing wilayah TPS. Tahapan perekrutan dilaksanakan dengan pengumumam pendaftaran di masing-masing wilayah kecamatan. 

"Perekrutan PTPS ini dimulai sejak 3 -15 Oktober 2020. Ada 805 pengawas TPS yang kita cari," kata Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (6/10).

Haidir mengatakan, mekanisme perekrutan PTPS dilaksanakan menyusul adanya tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dalam beberapa waktu ke depan.

Menurutnya, proses rekrutmen PTPS di Kapuas Hulu akan ditangani oleh Panwaslu Kecamatan dalam pelaksanaan penelitian berkas administrasi, hingga wawancara seleksi. Dia menyebut, syarat menjadi PTPS untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati masih sama dengan Pemilu maupun pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu.
Syarat tersebut antara lain, pendidikan minimal SMA/sederajat, usia minimal 25 tahun saat pencoblosan, bukan anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir.

"Selain itu tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan dengan tuntutan penjara lima tahun atau lebih juga menjadi salah satu di antara syarat-syarat yang lain yang bisa diakses di masing-masing wilayah," jelas Haidir.

Haidir menambahkan, dalam persyaratan rekrutment PTPS Pilcabup kali ini ada beberapa norma baru yang masuk sebagai persyaratan. Hal itu lantaran Pilcabup tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Di antaranya, nantinya PTPS terpilih harus bersedia menjalani pemeriksaan Rapid Test sebagai upaya penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid -19. Pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid -19 juga menjadi kewajiban bagi Panwaslu kecamatan dalam proses seleksi dari penerimaan berkas, penelitian administrasi hingga pelaksanaan wawancara.

"Adanya protokol kesehatan merupakan norma baru dalam tata cara atau mekanisme rekrutment PTPS untuk kegiatan pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu. Hal ini dilaksanakan agar proses rekrutment PTPS bukan merupakan media penyebaran Covid-19," pungkas Haidir. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2040407860183571896

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item