19 Anggota DPRD Kapuas Hulu Kunjungi dan Beri Bantuan Korban Kebakaran

pena iklan pena iklan

Ketua DPRD Kapuas Hulu Kuswandi saat menyalurkan bantuan uang tunai kepada korban kebakaran, Kamis (22/10)

Penakapuas.com - Sebanyak 19 Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu meninjau lokasi kebakaran Rumah Betang Tanga Banua Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (22/10). Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kapuas Hulu Kuswandi, rombongan langsung menuju lokasi bekas kebakaran.

Kuswandi Ketua DPRD dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan kerja DPRD ini adalah untuk melihat langsung kondisi dilapangan dan bagaimana penanganan yang telah dilakukan pasca kebakaran terutama terhadap warga yang terdampak langsung serta sebagai bentuk kepedulian dan simpati atas musibah yang terjadi.

"Kehadiran kami semoga dapat memberikan dukungan moril kepada saudara-saudara yang tertimpa musibah dan kami berharap kita semua dapat sabar dan tabah dalam menerima cobaan ini," kata Kuswandi.

Anggota DPRD Kapuas Hulu saat meninjau lokasi bekas kebakaran rumah betang di Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (22/10)

Kuswandi mengungkapkan, terrkait keinginan warga untuk membangun kembali Rumah Betang yang terbakar, dirinya menyambut baik hal itu mengingat rumah Betang merupakan salah satu budaya daerah yang harus dilestarikan.

"Namun saya juga menghimbau khususnya kepada Pemerintah Desa terutama yang masih memiliki aset Rumah Betang agar memikirkan langkah-langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Salah satunya adalah infrastruktur fisik berupa fasilitas jalan yang memadai sampai dilokasi Rumah Betang," ujarnya. 

Selain itu Politisi Golkar ini menyarankan agar Pemerintah Desa dapat membentuk Tim Mandiri Penanggulangan Bencana yang didukung dengan peralatan-peralatan yang setidak-tidaknya standar minimal disertai pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan personilnya dengan bekerjasama dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

“ Musibah tidak diinginkan semua orang namun tidak dapat di hindari. Oleh karena itu perlu langkah-langkah antisipasi”, tutur Kuswandi.

Pria yang baru saja terpilih sebagai Ketua DPD Golkar Kabupaten Kapuas Hulu ini mengingatkan bahwa tahun 2020 ini merupakan masa yang cukup berat bagi semuanya. Bermula dari Pandem Wabah Covid-19 yang mengakibatkan pemangkasan anggaran besar-besaran, musibah kebakaran yang menimpa Rumah Betang di Desa Nanga Nyabau beberapa waktu lalu, bencana banjir yang melanda hampir merata di seluruh wilayah Kapuas Hulu, dan musibah kebakaran Rumah Betang di Desa Sayut ini.

"Sehingga mengharuskan kita untuk berusaha ekstra dalam mencari solusi-solusi terbaik. Namun kita yakin serta percaya bahwa dalam setiap cobaan pasti ada hikmah yang dapat dipetik dan Tuhan pasti memberikan jalan keluarnya," jelasnya. 

Sambungnya, pada kedatangan anggota DPRD Kapuas Hulu yang kedua ini, pihaknya juga menyalurkan bantuan uang tunai sebesar Rp30 juta bagi warga korban kebakaran.
  
"Bantuan uang 30 juta ini  merupakan bantuan kedua dimana sebelumnya bantuan uang tunai dari DPRD Kapuas Hulu telah diserahkan oleh Ketua Komisi C dan Ketua Komisi A. Sehingga total bantuan dari DPRD Kapuas Hulu adalah sebesar Rp 33 juta," pungkas Kuswandi. (taufiq)

Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item