Waspada Banjir, 10 Kecamatan Terendam

pena iklan

Inilah situasi air yang menggenangi sejumlah pemukiman warga di Kapuas Hulu, akibat meluapnya air di sungai Kapuas dan sungai lainnya karena intensitas curah hujan tinggi, Selasa (8/9) 

Penakapuas.com - Intensitas curah hujan di Kabupaten Kapuas Hulu sekitar dua pekan terakhir ini di Kabupaten Kapuas Hulu cendrung tinggi. 

Puncaknya beberapa hari lalu, mengakibatkan debit air sungai Kapuas terus naik, hingga merendam ruas jalan dan sejumlah titik pemukiman warga di dataran rendah, bantaran sungai Kapuas dan sungai lainnya.

Informasi terkini yang dihimpun dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Hulu yang juga terjun ke lapangan memantau wilayah terkena banjir bahwa, ada 10 kecamatan di Kapuas Hulu yang mengalami banjir.

"Ada 10 kecamatan yang terdampak banjir, diantaranya Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Embaloh Hilir, Bunut Hulu, Bunut Hilir, Pengkadan, Hulu Gurung, Silat Hilir dan Silat Hulu," ungkap Hatta, Ketua Tagana Kapuas Hulu dihubungi, Selasa (8/9).

Untuk ketinggian air kata Hatta sudah ada yang mencapai lebih dari 1 meter, namun kata dia informasi saat ini warga masih tetap bertahan di rumah.

"Sementara warga lagi bertahan di rumh masing-masing, belum ada yang mengungsi," ucapnya.

Untuk itu Hatta menghimbau agar warga tetap wasapda memantau pergerakan air di wilayah masing-masing untuk persiapan menyelamatkan barang - barang di rumah dari genangan air.

"Kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, untuk tetap waspada dengan bencana banjir, kemudian tanah longsor dan angin puting beliung. Mengingat saat ini cuaca dan curah hujan masih berpotensi tinggi," demikian pesan Hatta. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5392165930759654272

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item