KPU Kapuas Hulu Minta Tambah Anggaran Pilkada 2020

pena iklan

Mohd Zaini Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu saat diwawancara wartawan 

Penakapuas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu mengajukan permohonan penambahan anggaran sebesar belasan milyar kepada Pemkab Kapuas Hulu dalam menghadapi Pilkada 2020.

"Awal bulan Juni dulu KPU Kapuas Hulu mengusulkan penambahan anggaran untuk Pilkada 2020. Anggaran yang mereka usulkan cukup besar sekitar belasan milyar," kata Mohd Zaini Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (8/9). 

Zaini menjelaskan, usulan tambahan anggaran yang diajukan KPU Kapuas Hulu tersebut terutama untuk penambahan APD, penambahan TPS dan lain - lain. 

"Namun karena keterbatasan anggaran maka sesuai kesepakatan kita dengan KPU pada tanggal 6 Juni 2020, kita akomodir hanya Rp1,1 milyar," ujar Sekda. 

Zaini mengungkapkan, sebenarnya bukan hanya KPU Kapuas Hulu saja yang mengusulkan tambahan anggaran ke pihaknya, namun dari Bawaslu Kapuas Hulu dan Polres Kapuas Hulu juga ada ngajukan usulan tambahan anggaran.

"Cuma karena terbatasnya anggaran yang ada, maka usulan mereka tidak bisa kita tampung atau kita tambah," ujarnya. 

Zaini mengungkapkan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sudah menyalurkan dana Nota Kesepakatan Hibah Daerah (NPHD) ke KPU Hulu secara bertahap yang nilainya hampir Rp40 milyar. 

"Dana NPHD baik ke KPU, Bawaslu maupun TNI - Polri sudah kita salurkan semua," ucapnya. 

Sambung Zaini, namun bagaimana pun Pemkab Kapuas Hulu tetap mendukung KPU Kapuas Hulu dalam melaksanakan Pilkada di masa Covid  -19 meskipun usulan mereka tidak sepenuhnya ditampung.

"Solusinya kita minta mereka melakukan refocusing," tuturnya. 

Sementara itu Yusuf Komisioner KPU Kapuas Hulu membenarkan jika mereka ada mengusulkan penambahan anggaran untuk Pilkada 2020. 

"Untuk angka pastinya saya lupa. Tapi Rp1,1 miliar untuk penganggaran dalam rangka Protokol kesehatan COVID - 19. Ini pun sdh lama pencairannya sekitar 2 bulan lalu," singkat Yusuf. (taufiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3345519402021869043

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item