Bebaskan Tiga Warga Desa Sibau Hilir

pena iklan

Aksi damai yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sibau Hilir yang menuntut tiga warganya dibebaskan oleh Pengadilan Negeri Putussibau, Kamis (10/9

Penakapuas.com - Kasus Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) pada tahun 2008 di Kabupaten Kapuas Hulu berbuntut panjang. Pasalnya program tersebut membuat tiga warga Desa Sibau Hilir Yuliana, Hendrikus Bali dan Theresia Tena harus berurusan denganpenegak hukum karena terkait tudingan melakukan pemalsuan sertifikat tanah kala itu. 

Tak terima warganya ditahan oleh penegak hukum, membuat masyarakat di Desa Sibau Hilir Kecamatan Putussibau Utara mendatangi kantor Pengadilan Negeri Putussibau, Kamis (11/9).
Kedatangan masyarakat tersebut menuntut keadilan agar ketiga warga mereka segera dibebaskan. 

Malung Temenggung Dayak Taman Kapuas menyampaikan ada tiga tuntuan masyarakat yaitu yang pertama, bebaskan tiga orang tahanan yaitu Theresia Tena, Yuliana, Hendrikus Bali dari tahanan dan tuntutan hukum tanpa bersyarat.

Dengan membawa poster tiga terdakwa dugaan kasus pemalsuan sertifikat Prona, masyarakat Desa Sibau Hilir menuntut keadilan di kantor Pengadilan Negeri Putussibau, Kamis (10/9)


Kedua, segera lakukan penangkapan terhadap Yosep Lampun dan Bonivasius Bujang, karena memberikan keterangan palsu di persidangan.

Ketiga, usut tuntas dalang yang berada di belakang Yosep Lampun dan Bonivasius Bujang sehingga memberikan keterangan palsu di persidangan.

"Tolong dengarkan suara masyarakat kecil jangan jadikan korban," ujar Malung.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Putussibau, Christian Wibowo menyampaikan kepada masyarakat Sibau Hilir agar bersabar dan saat ini sedang sidang agenda pemeriksaan saksi.

" Kami akan tampung aspirasi keluarga terdakwa dan akan menjadi pertimbangan kami dalam mengambil keputusan, kami sampaikan agar saudara - saudara sekalian tertib dalam menyampaikan aspirasi dan nanti kami persilahkan perwakilan keluarga mengikuti persidangan," pungkas Christian. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5233508971019469873

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item