13 Pasutri jalani Sidang Isbat Nikah di Embaloh Hilir

pena iklan pena iklan

Pasutri asal Kabupaten Kapuas Hulu saat menjalani sidang isbat nikah yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas Hulu di Kecamatan Embaloh Hilir, Senin (28/9)

Penakapuas.com - Sebanyak 13 Pasangan Suami Istri (Pasutri) Kabupaten Kapuas Hulu disahkan dalam Sidang Isbat Nikah oleh Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas Hulu  digedung serbaguna Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir, Senin (28/9). 

Sidang Isbat Nikah yang bekerjasama dengan Kementerian Agama Kapuas Hulu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, Anggota DPD RI Erlinawati, Ketua Pengadilan Negeri Putussibau, Kepala Kemenag Kapuas Hulu dan beberapa kepala SKPD

Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengatakan, sidang isbat sangat bermanfaat bagi masyarakat yang pernikahannya belum ditetapkan secara negara sehingga berdampak kepada status perkawainan, anak-anak dan harta waris.

"Kegiatan ini juga sangat membantu sekali bagi keluarga untuk menyekolahkan anak-anak. Karena tanpa pengesahan nikah anak-anak akan terkendala masuk sekolah," ujar Bupati. 

Menurut Bupati sidang Isbat Nikah merupakan permohonan pengesahan nikah yang diajukan kepengadilan untuk dinyatakan sahnya serta pernikahan tersebut memiliki kekuatan hukum.

"Pernikahan yang belum dicatat negara berdampak Pada anak jika anak mau sekolah sampai kejenjang universitas karena belum tercatat administrasi kependudukan," jelas Bupati. 

Lanjut Bupati, sidang isbat nikah juga bisa dimanfaatkan bagi pasutri yang kehilangan buku nikah serta penyelesaian perceraian.

"Ada pun syarat permohonan sidang isbat nikah hanya membawa KTP,KK dan surat keterangan dari KUA setempat. Oleh karena itu sidang isbat nikah Pengadilan Agama bekerja sama dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu," pungkas Bupati. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8713682987982031678

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item