Warga Perbatasan Gelar Ritual Ngampun Usir COVID - 19

pena iklan

Rituat adat Ngampun yang digelar warga perbatasan Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang dalam mengusir wabah Covid - 19 di Bumi Uncak Kapuas, Senin (31/8)

Penakapuas.com - Ritual Adat Ngampun (tolak bala) digelar warga perbatasan Indonesia - Malaysia tepatnya di Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang, Senin (31/8). Ritual digelar untuk mengusir wabah COVID - 19 yang berlarut - larut di Bumi Uncak Kapuas.  

"Ritual adat Ngampun ini bertujuan untuk mengusir penyakit Covid - 19 dan tidak masuk ke wilayah Desa Kumang Jaya," kata Titus Kepala Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang, Selasa (1/9).

Titus mengungkapkan,  selain ritual adat drinya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, yaitu pakai masker jika keluar rumah, jaga jarak dan cuci tangan. 

"Untuk sementara masyarakat dilarang berpergian jauh atau ke luar daerah. Mengingat Kapuas Hulu Zona Merah Covid - 19," ujarnya. 

Sementara itu Nazarudin Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu mengungkapkan, di Kabupaten Kapuas Hulu ada 38 kasus COVID - 19. Dan 17 orang sudah dinyatakan sembuh. 

"Saya meminta masyarakat tidak menganggap sepeleh virus COVID - 19, dan tidak menganggap virus tersebut sebagai bahan candaan. Demi kebaikan dan keselamatan bersama, gunakan masker, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan, kemudian untuk pasien COVID - 19 jangan di kucilkan," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5759824605018226666

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item