Wabup: Pengawasan Orang Asing Harus Diperkuat

pena iklan

Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero 

Penakapuas.com  - Pengawasan terhadap orang asing di Kabupaten Kapuas Hulu terus diperkuat oleh Imigrasi Kelas III Putussibau melalui Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang ada di daerah tersebut terutama di masa tatanan kehidupan baru di masa pandemi COVID - 19.

" Pengawasan orang asing harus diperkuat dengan sinergitas semua pihak, terutama saat ini pandemi tentunya sesuai protokol kesehatan mau pun barang bawaan," kata Antonius L Ain Pamero Wakil Bupati Kapuas Hulu saat Rapat Tim pengawasan orang asing, di Putussibau, Selasa (25/8).

Wabup mengatakan, pengawasan orang asing bukanlah hanya semata - mata tugas pihak Imigrasi, namun itu merupakan tanggungjawab bersama semua pihak terutama yang tergabung dalam Tim Pora.

" Imigrasi penjaga pintu gerbang negara, untuk itu perlu adanya dukungan semua pihak, hilangkan ego sektoral, pengawasan orang asing tanggungjawab kita semua," kata Antonius.

Menurut Wabup, kehadiran orang asing bisa membawa manfaat dan keuntungan bagi ekonomi masyarakat, namun disisi lain juga dapat menjadi ancaman dan itu harus menjadi perhatian bersama, apalagi saat ini masa pandemi COVID - 19.

Sementara itu Ali Hanafi Kepala Kantor Imigrasi Putussibau mengatakan, saat ini di Kapuas Hulu ada sekitar belasan orang asing yang tinggal secara resmi baik itu bekerja di perusahaan mau pun sebagai misionaris dengan di lengkapi dokumen keimigrasian.

" Untuk mengawasi orang asing, kami tidak bisa sendiri perlu kerjasama dukungan dan sinergitas dengan semua pihak terkait yang tergabung dalam Tim pengawasan orang asing, sehingga kita bentuk Tim dan perkuat pengawasan," ujarnya. 

Menurut dia, semenjak wabah COVID - 19 hingga saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi orang asing masuk wilayah Indonesia terutama untuk wilayah Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

" Pelayanan kita di pintu batas negara hanga melayani warga Indonesia yang datang dari negara lain untuk kembali ke tanah air, dan warga Malaysia yang ingin kembali ke negara asalnya, sedangkan pelintas umum tidak di perbolehkan," katanya.

Dengan dilaksanakan rapat Tim Pora tersebut, kata Hanafi diharapkan Tim Pora yang terdiri dari berbagai pihak terkait dapat meningkatkan sinergitas, sehingga selanjutnya akan dilakukan operasi pengawasan orang asing.

" Jadi tidak ada lagi kita mau berjalan sendiri - sendiri, kita ada Tim pengawasan orang asing, artinya sinergitas tim itu perlu kita tingkatkan untuk memperkuat pengawasan orang asing," pungkasnya. (taufiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1685004588065511294

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item