Sebelum Penetapan Pasangan Calon, Atribut Kampanye Harus Ditertibkan

pena iklan pena iklan

Karyansyah Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Atribut kampanye milik para bakal calon kepala daerah yang belum mendaftar di Pilkada Kabupaten Kapuas Hulu 2020 masih tersebar disejumlah tempat. 

Penertiban atribut kampanye para bakal calon yang mendaftar ini harus dilakukan penertiban sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu menetapkan pasangan calon Pilbup Kapuas Hulu.

Karyansyah Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kapuas Hulu mengatakan, penertiban atribut kampanye yang ada saat ini merupakan kewenangan dari pihak terkait.

Menurutnya Bawaslu baru bertindak ketika KPU telah menetapkan pasangan calon, yakni pada tanggal 4 September mendatang.

"Kalau sudah penetapan calon oleh KPU, itu menjadi kewenangan kami untuk penertiban atribut Pilkada. Hari ini domainnya masih ada di pihak terkait," ujarnya.

Lanjut Karyansah, atribut kampanye bakal pasangan Cabup - Wabup sudah menyebar di seluruh kecamatan. Maka untuk itu dirinya mengimbau supaya setelah ditetapkannya pasangan calon oleh KPU,  Bawaslu minta kepada tim menertibkan baliho yang dipasang sebelum Paslon mendaftarkan diri dan ditetapkan oleh KPU sebagai peserta Pemilu.
 
"Sampai hari ini belum ada permintaan dalam penertiban atribut kampanye.  Namun kami pun akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam penertiban APK itu," ujarnya.
 
Menurut dia, saat ini Bawaslu Kapuas Hulu masih fokus untuk meningkatkan sosialisasi terkait netralitas Aparatur Sipil Negara. Pasalnya, dia mendapatkan informasi ada ASN di kecamatan yang  diduga tidak netral bahkan sudah ada yang mendukung salah satu bakal calon. 

"Kita minta Panwascam mendatangi yang bersangkutan untuk diingatkan soal kenetralitasan sebagai ASN dalam Pilkada 2020," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3490043403158724007

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item