Pilkada Tinggal 108 Hari, KPU Kapuas Hulu Sosialisasi Pencalonan Pilbup - Wabup

pena iklan

Suasana Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Aula Bank Kalbar cabang Putussibau, Sabtu (22/8).

Penakapuas.com  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Aula Bank Kalbar cabang Putussibau, Sabtu (22/8). Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan, hadir lengkap Ketua dan komisioner KPU Kapuas Hulu. Hadir pula para unsur pimpinan dan perwakilan Parpol, Bagian Kesbangpol Setda Kapuas Hulu, Forkopimda,  tokoh adat, media massa, Ormas dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani menyampaikan, sosialisasi pencalonan Pilbup-Wabup itu merupakan bagian penting dalam tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 pada Desember mendatang.

"Terkait pencalonan, ini tahapan yang kami anggap penting untuk disosialisasikan, dari 3 kunci tahapan pemilihan umum, pertama mengenai pemutakhiran data pemilih, sosialisasi pencalonan, kemudian tahapan pungut hitung perolehan suara," tutur Ahmad Yani.

Yani juga menjelaskan, bahwa pada 22 Agustus 2020 ini, tahapan Pilkada serentak masih menyisakan sekitar 108 hari, dimana pelaksanannya setelah terbitnya PKPU yang menyesuaikan masa pandemi yakni pada Desember.

"Sebelumnya memang dijadwalkan pada 23 September, namun karen pandemi Covid-19, jadi ditunda 3 bulan, tetap dilaksanakannya tahun ini dan diputuskan tanggal 9 Desember 2020," ujarnya.

Yani menjelaskan, dalam tahapan pencalonan ada dua mekanisme yang berlaku, yakni jalur perseorangan dan parpol (Partai Politik) Terkait tahapan, kata Yani diatur dalam 4 PKPU, diantaranya PKPU Nomor 5 tahun 2020 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

"Dengan terbitnya PKPU itu, kami berupaya setiap kegiatan KPU dilaksanakan terukur, baik secara waktu dan tahapan. Sehingga kami melaksanakan kegiatan punya dasar hukum jelas," tegasnya.

Oleh karenanya, kata Yani, dalam sosialisasi pencalonan pemilihan Bupati-Wakil Bupati kali ini, KPU berupaya menghadirkan para pihak terkait, karena banyak syarat yang harus dipenuhi bakal pasangan calon untuk mendaftarkan ke KPU untuk maju dalam kontestasi Pilkada serentak.

Yani juga mengingatkan bahwa tak kalah penting dalam menyukseskan tahapan Pilkada tersebut yakni peranserta warga yang sudah mempunyai hak pilih agar lebih proaktif pada tahapan pencocokan dan peneliti data pemilih (Coklit).

"Pemilih mempunyai kedaulatan dalam Pemilu, maka perlu dukungan supaya daftar calon pemilih ini benar - benar valid. Jangan sampai setelah penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap), muncul komplain, maka kita harus saling mengingatkan," pungkas Ahmad Yani. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3238509913348686554

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item