Petrus Kusnadi : Belajar Tatap Muka di Sekolah Masih Dikaji

pena iklan

Petrus Kusnadi 

Penakapuas.com- Akibat pandemi Covid-19 yang mewabah diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia, dunia pendidikan menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak, karena proses belajar tatap muka di sekolah terpaksa dihentikan sejak beberapa bulan terakhir ini.

Namun saat ini pemerintah khususnya di Provinsi Kalbar sudah memberi kelonggaran persiapan kembali tatap muka belajar di sekolah, karena angka kasus positif Covid-19 mulai menurun, bahkan dibeberapa kabupaten sudah dinyatakan zona hijau dari penyebaran Covid-19.

Kapuas Hulu menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Kalbar yang sudah dinyatakan zona hijau dari penyebaran Covid-19. Untuk itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu mulai merumuskan strategi proses belajar tatap muka di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi menyatakan daerah yang ditetapkan zona hijau dibolehkan belajar tatap muka.

"Namun syarat-syarat harus kita penuhi, yakni berlaku protokol kesehatan, kemudian bagi guru dan siswa di rapid test untuk memastikan tidak adanya klaster baru Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu, khususnya di sekolah," terang Kusnadi, Kamis (6/8).

Jika semua syarat sudah terpenuhi Kusnadi memastikan Disdikbud akan mengajukan pertimbangan dengan Bupati Kapuas Hulu, untuk membuka sekolah dengan proses belajar tatap muka.

"Namun itu tentu kita laksanakan secara bertahap, belum untuk semua sekolah," kata Kusnadi.

Tak hanya itu kata Kusnadi, pihaknya akan meminta persetujuan secara tertulis kepada seluruh orangtua siswa untuk sama-sama bertanggung jawab terhadap dilaksanakannya belajar tatap muka di sekolah, sehingga tidak yang disalahkan.

"Kita memaklumi baik orangtua siswa, para guru dan siswa sudah sangat merindukan proses belajar tatap muka di sekolah, karena mekanisme belajar dari rumah itu memang tidak maksimal dengan berbagai keterbatasan," tuturnya.

Untuk itu,Kusnadi mengharapkan masukan dan saran serta kerjasama dari berbagai pihak, agar proses pembukaan sekolah kembali berjalan dengan baik.

"Sekolah juga harus berani membuat inovasi sendiri dengan melihat kondisi yang ada di sekitar, intinya protokol kesehatan adalah hal yang wajib ditaati jika dimulainya proses belajar tatap muka," pungkas Kusnadi. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2269041825368146707

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item