Pelanggar Protokol Kesehatan Siap – siap Didenda

pena iklan

Jantau Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Kapuas Hulu saat diwawancarai wartawan, Selasa (25/8)

Penakapuas.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu segera menerapkan sanksi dan denda bagi pelanggar protokol kesehatan terutama bagi masyarakat umum yang tidak menggunakan masker ditempat umum.

Pasalnya Pemkab Kapuas Hulu sudah menyusun dan membuat aturan yang dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Tahun 2020 yaitu penetapan sanksi administratif berupa denda bagi pelanggar protokol kesehatan.

Jantau Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Kapuas Hulu  mengatakan, bagi pelanggar protokol kesehatan yang terkena razia bakal dikenakan sanksi sosial dan administratif. Untuk sanksi administratif bagi masyarakat yang terkena razia dan melanggar protokol kesehatan akan dikenakan denda sebesar Rp50 ribu. 

Namun jika tak mampu membayar denda tersebut maka yang bersangkutan baru dikenakan sanksi sosial yakni dengan membersihkan lingkungan dimana yang bersangkutan terkena razia.

"Apabila tak melakukan kedua sanksi tersebut dan berulang berkali - kali melanggar maka akan dikenakan pidana," katanya saat ditemui, Selasa (25/8)

Jantau mengungkapkan, peraturan sanksi ini memang belum diterapkan saat ini. Soalnya  pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat. "Kita juga akan memanggil Camat maupun Kades untuk sosialisasi soal aturan ini. Karena mereka tim satgas penanganan COVID- 19 tingkat bawah," ucapnya. 

Sambung Jantau, saat ini kasus COVID - 19 di Kapuas Hulu makin bertambah, jika tidak segera dilakukan tindak tegas dengan penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, dikhawatirkan wabah COVID  - 19 ini makin menjadi. 

"Untuk saat ini saja, kalian juga tahu sudah ada berapa orang lagi yang terkonfirmasi COVID- 19," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5249664773133456663

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item