PDAM Kapuas Hulu "Kurang Sehat"

pena iklan

Lajito Ketua DPD PERPAMSI Kalbar 

Penakapuas.com - PDAM Kapuas Hulu saat ini masih berstatus "Kurang Sehat" hal ini diungkapkan Lajito Ketua DPD Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) Kalbar dalam sambutannya pada Rakerda PERPAMSI Kalbar di Hotel Banana Putussibau, Jumat (7/8).

"PDAM Kapuas Hulu sekarang ini kurang sehat, untuk itu kita harapkan Bupati dapat membantu dalan penyertaan modalnya," katanya, Jumat (6/8).

Lajito mengatakan, dengan kurang sehatnya PDAM Kapuas Hulu ini tentunya, mereka akan sulit untuk melakukan kenaikan tarif air pada pelanggan. Maka dari itu jika Bupati bisa menaikkan status "Kurang Sehat" menjadi "Sehat" PDAM nya, maka kinerja Bupati akan menjadi baik juga.

Sejauh ini kata Lajito, di Kalbar ini ada 13 PDAM yang beroperasional. Namun hanya 8 PDAM yang bertatus sehat, 3 PDAM Kurang Sehat dan 2 PDAM berstatus sakit. PDAM yang berstatus kurang sehat dan sakit ini dikarenakan banyak faktor misalnya dari kurangnya modal, pelayanannya masyarakat masih rendah, operasional masih kurang dan SDM belum memadai. 

"Kami tetap mendorong bagaimana PDAM di Kalbar ini semuanya dapat sehat, sehingga dapat memberikan pelayanan pada masyarakat," ujar Lajito.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengapresiasi atas diselenggarakannya Rakerda PERPAMSI Kalbar di Kabupaten Kapuas Hulu. 
 
"Melalui Rakerda ini, menghasilkan keputusan yang terbaik dalam menyelesaikan masalah - masalah yang ada. Melalui Rakerda antar pimpinan perusahaan dapat bertukar dapat bertukar informasi terhadap persalahan air didaerahnya masing - masing," ujar Bupati. 

Bupati juga menyinggung soal status PDAM Kapuas Hulu yang berstatus "Kurang Sehat" menurutnya meskipun PDAM Kapuas Hulu kurang sehat, namun pelayanan yang dirasakan masyarakat saat ini sudah mulai membaik ketimbang sebelumnya.  

"Kita menyadari memang kapasitas air ledeng memang banyak belum terjangkau dan kuantitas juga masih kurang. Apalagi untuk berbicara kualitas air PDAM untuk bisa diminum. Standar untuk mandi saja masih belum, apalagi untuk minum," papar Bupati. 

Lanjut Bupati, saat ini PDAM Kapuas Hulu agak sulit melakukan pelayanan pada masyarakat mengingat masih dalam musim pandemi Covid - 19. "Begitu juga dengan kami untuk melakukan penyertaan modal agak sulit karena lagi musim Covid - 19," pungkas Bupati. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6783564519233258709

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item