Kelangkaan dan Lonjakan Gas Mesti Ada Sanksi

pena iklan pena iklan

Bupati Kapuas Hulu AM Nasir saat membuka kegiatan Rakor dan sosialisasi kartu pemesanan LPG 3 Kg di Kapuas Hulu, Selasa (11/8). 

Penakapuas.com - Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan sosialisasi kartu pemesanan LPG 3 Kg di Kapuas Hulu, Selasa (11/8). 

Bupati menegaskan masalah kelangkaan gas dan lonjakan harga gas harus disikapi dengan pemberlakuan sanksi.

"Penyelesaian masalah gas ini penting, kami dari Pemerintah sudah konsern, pelaku usaha dan Pertamina kami minta harus juga demikian. Harus ada sanksi bagi yang melanggar ketentuan, " tegas Bupati Nasir kepada perserta rakor yang terdiri dari pelaku usaha gas dan pihak Pertamina Kalbar yang ikut kegiatan tersebut. 

Bupati menuturkan dirinya sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang mengatur tentang gas. Utamanya mengatur tentang harga eceran tertinggi agar mengendalikan inflasi harga gas di daerah. 

"Namun dilapangan ini tidak dipatuhi, bahkan menjadi permasalahan yang kemudian berujung pada hujatan terhadap Pemda dan Bupati oleh oknum tertentu, bahkan muncul hoax viral di media sosial," paparnya.

Masalah gas sudah lama, sebab itu bukan lagi upaya sosialisasi yang dikedepankan namun evaluasi yang mengarah pada sanksi. 

"Kami mohon pertamina bantu kami monitoring di daerah. Demikian pula di kecamatan, warga dan Camat yang mengetahui kalau ada yang main fee laporkan ke petugas berwajib," ujar Bupati. 

Bupati juga mengharapkan kerjasama pelaku usaha ditingkat pangkalan gas. Bantu monitor pengecer yang membeli dan menjual gas diatas HET. 

"Kami mau tahu harga dipangkalan berapa, pengecer berapa. Pangkalan kami harap bisa berperan menekan harga di pengecer, kalau harga jual tinggi jangan berikan ke oknum tersebut," ungkapnya. 

Hal yang lain patut diperhatikan pihak pangkalan gas ada pembeli gas LPG 3 kg. Itu hanya untuk kalangan yang gajinya dibawah Rp 1 juta. 
"LPG 3 Kg sasarannya perlu diawasi, kuota mungkin mencukupi tapi karen penggunannya yang tidak tepat sasaran membuat langka, " tuntas Bupati. 

Rakor terkait LPG 3 Kg yang dibuka Bupati Nasir turut dihadiri Kasatpol PP, perwakilan Polres KH, Kadis DKUP-KH, Komisi B DPRD-KH, Bappeda-KH, Pelaku Usaha Gas dan Camat se Kapuas Hulu. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 7260255431192184096

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item